Berita

    Sebelum Beli, Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik

    Belakangan ini, pemakaian mobil listrik (electric car) mulai gencar dikampanyekan oleh berbagai pihak. Mobil ini sering disebut memiliki berbagai kelebihan, salah satunya yaitu ramah lingkungan.

    Di berbagai negara, mobil jenis ini sudah umum digunakan dan mudah ditemui. Namun, di Indonesia, masih bisa dibilang sebagai teknologi baru yang belum umum dipakai.

    Jika Anda hendak membeli electric car maka ada baiknya Anda mengetahui berbagai kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda bisa memutuskan pembelian tersebut dengan lebih siap dan lebih matang.

    Kelebihan Mobil Listrik

    Berikut adalah berbagai kelebihan electric car yang bisa menjadi pertimbangan Anda ketika memilih jenis kendaraan yang akan dibeli.

    • Ramah Lingkungan

    Kelebihan pertama yang juga banyak dikampanyekan yaitu ramah lingkungan. Ini merupakan alasan terbesar dari gencarnya penggunaan mobil jenis ini di berbagai negara, termasuk Indonesia yang sedang menuju ke arah sana.

    Karena tidak menggunakan bahan bakar minyak (BBM), maka electric car juga tidak menghasilkan emisi gas sebagaimana mobil konvensional.

    • Biaya Pajaknya Lebih Murah

    Dalam rangka menarik minat, pemerintah memberikan beban pajak yang lebih murah untuk mobil jenis ini. Hal ini tentunya dapat menjadi pertimbangan penting untuk Anda karena bisa menghemat biaya.

    • Perawatan Komponennya Lebih Sedikit

    Komponen yang ada di dalam electric car terbilang lebih sedikit dibanding dengan mobil konvensional. Dengan begitu, maka perawatannya juga terbilang lebih sedikit.

    Namun tetap saja, mobil ini juga membutuhkan berbagai perawatan rutin. Sebagai contoh, penggantian kampas rem jika sudah habis masa pakainya.

    • Kabin Senyap

    Mobil ini tidak memiliki proses pembakaran, sehingga kabin mobil juga menjadi senyap dan lebih nyaman untuk berkendara.

    Bisa dibilang, mobil jenis ini juga tidak mengeluarkan suara mesin. Jadi, Anda hanya akan mendengar suara roda yang bergesekan dengan aspal.

    Kekurangan Electric Car

    Selain berbagai kelebihan di atas, terdapat pula berbagai kekurangan yang sebaiknya juga Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk membelinya.

    • Tempat Isi Baterai Masih Belum Umum

    Kekurangan pertama dari mobil listrik adalah fasilitas untuk mengisi baterai masih belum umum ditemui. Meski sudah mulai dibangun di berbagai tempat, namun tetap saja masih jauh lebih sedikit daripada pom bensin.