Berita

    Ketahui Penyebab Asap Mobil Pedih di Mata

    Munculnya gejala asap mobil pedih di mata adalah salah satu penanda timbulnya masalah pada sistem pembakaran yang tidak sempurna. Selain terasa pedih, asap dari sistem pembakaran yang bermasalah juga biasanya mengeluarkan bau yang menyengat.

    Padahal normalnya, sistem pembakaran yang baik akan menghasilkan asap biasa yang tidak menyengat dan terasa pedih. Oleh karena itu, kenali apa saja penyebab timbulnya asap mobil yang terasa pedih di mata, agar Anda bisa mengatasinya dengan solusi yang sesuai!

    10 Penyebab Asap Mobil Pedih di Mata dan Berbau Menyengat

    Ada beberapa hal yang menyebabkan mobil mengeluarkan asap yang terasa pedih dan berbau menyengat. Sebagai langkah deteksi sejak dini, simak beberapa potensi penyebabnya berikut ini.

    • Kerusakan Sistem Pembuangan

    Salah satu penyebab utama munculnya asap yang terasa pedih dan berbau menyengat adalah rusaknya sistem pembuangan yang komponennya sudah aus. Jika hal ini terjadi, maka gas yang seharusnya terbuang justru masuk kembali ke dalam mobil.

    • Kerusakan Sistem Bahan Bakar

    Pembakaran yang tidak sempurna dan menimbulkan asap berbau adalah indikasi rusaknya sistem bahan bakar. Salah satu dampak akibat asap yang dihasilkan dari pembakaran tidak sempurna yaitu terasa pedih saat terkena mata.

    • Setting Sistem Pembakaran Bermasalah

    Cara kerja sistem pembakaran mobil secara keseluruhan dikontrol oleh komponen ECU (Engine Control Unit). ECU berfungsi mengatur perbandingan bahan bakar serta udara secara akurat.

    Namun jika setting atau pengaturannya dimodifikasi atau tidak sesuai, maka perbandingan bahan bakar dan udara menjadi tidak normal. Akibatnya, terjadi proses pembakaran yang tidak sempurna dan menghasilkan asap yang pedih di mata.

    • Busi Mobil Bermasalah

    Meskipun terlihat sepele, ternyata busi juga berperan penting dalam mengatur sistem pembakaran. Contoh masalah yang memunculkan asap berbau menyengat yaitu busi kotor, penuh kerak karbon, busi lemah, busi banjir, atau sudah tidak layak pakai.

    • Filter Udara Kotor

    Penyebab asap mobil pedih di mata selanjutnya adalah akibat filter udara yang kotor. Akibatnya, hisapan udara menjadi lebih sedikit, sehingga bensin akan lebih banyak tersimpan di ruang bakar dan membuat kadar hidrokarbon (HC) lebih tinggi.

    • Tekanan Kompresi Turun