Berita

    Ketahui, Cara Parkir Paralel yang Aman

    Parkir paralel atau parallel park adalah salah satu teknik parkir mobil yang sulit bagi banyak orang. Hal ini karena memposisikan mobil dengan pas tanpa menyerempet mobil orang lain atau menabrak pembatas jalan memang cukup sulit.

    Apalagi, teknik ini lebih umum digunakan di jalan umum atau di area sisi jalan yang luasnya terbatas. Oleh karena itu, sebaiknya ketahui bagaimana cara parkir mobil secara paralel yang aman untuk mencegah risiko terhadap kendaraan milik Anda maupun orang lain.

    Berikut Cara Parkir Paralel yang Aman

    Meskipun teknik parkir secara paralel terlihat sulit dilakukan karena kendaraan harus berada di posisi sejajar dengan jalan, namun teknik ini harus dipelajari oleh setiap pengemudi, terutama di kota besar. Berikut ini panduan cara memarkir secara paralel dengan aman:

    • Pilih Tempat Parkir yang Aman

    Sebelum parkir, pastikan bahwa tempat parkir yang Anda pilih aman dan memenuhi syarat. Carilah tempat parkir yang cukup lebar untuk kendaraan Anda, dan pastikan bahwa tempat parkir tersebut tidak berada di daerah yang ramai atau terlalu gelap.

    Hidupkan lampu sein sebagai tanda, lalu posisikan kendaraan secara sejajar dengan kendaraan lain yang telah terparkir setidaknya setengah meter. Lalu atur mundur persneling dan putar setir ke kanan secara penuh sampai mentok.

    • Mundur Membentuk Sudut 45 Derajat

    Selanjutnya, perlahan-lahan mundurkan kendaraan ke belakang hingga bersudut 45 derajat. Sebagai langkah memastikan bahwa sudut kemiringan sudah sesuai, yaitu 45 derajat, perhatikan kaca spion di arah kiri saat mundur.

    Jika Anda sudah bisa melihat bagian tengah sampai belakang mobil, artinya sudut 45 derajat sudah terbentuk. Alternatif lain untuk mengecek posisi saat parkir paralel adalah dengan mengaktifkan kamera melalui head unit.

    • Luruskan Setir dan Mundurkan

    Jika posisinya sudah pas, luruskan roda mobil dengan cara memutar setir dan mundur secara perlahan. Jangan lupa perhatikan posisi kendaraan. Jika posisi depan mobil telah sejajar bagian belakang kendaraan di depan, hentikan mobil.

    • Putar Setir ke Kiri Secara Penuh

    Setelah posisi ujung depan kendaraan Anda sejajar dengan ujung belakang mobil di depan, putar kemudi ke kiri secara penuh sampai mentok. Selanjutnya, kembali mundurkan kendaraan secara pelan sampai seluruh bodi memasuki area parkir.

    • Luruskan Roda Depan