Berita

    Kenali Cara Merawat Power window Mobil

    Mobil modern saat ini pasti dilengkapi dengan teknologi power window yang bisa memudahkan pengendara membuka dan menutup jendela mobil. Di mana letak power window mobil? Bagaimana cara menggunakannya? Simak penjelasannya berikut ini

    Mengenal Power window Mobil

    Power window yang ada pada mobil adalah teknologi yang terpisah dari mesin. Alat ini menggunakan prinsip mekanik dan elektronik, di mana Anda bisa dengan mudah membuka dan menutup jendela mobil dengan satu tombol.

    Selain membuat pengendara bisa menaik turunkan kaca jendela yang terdekat dengannya, fitur yang ada di power window memungkinkan pengemudi memiliki kendali atas semua jendela. Teknologi ini juga membuat semua pintu dan kaca mobil otomatis terkunci saat berkendara.

    Komponen Penyusun Power window Mobil

    Sebelum kita membahas lebih jauh tentang fitur dan cara merawat power window mobil, ada baiknya untuk mengetahui komponen yang ada pada power window, agar bila terjadi kerusakan Anda bisa tahu.

    • Baterai atau Aki

    Power window menggunakan dinamo aki sebagai energi utama agar bisa berfungsi. Dengan aki, Anda bisa dengan mudah menggerakkan kaca naik atau turun hanya dengan memencet 1 tombol.

    • Saklar

    Saat terhubung dengan listrik, pasti harus ada saklar yang mengaktifkan aliran listrik. Inilah tombol yang bisa membuat anda mengendalikan kaca.

    • Sekring

    Komponen ini juga bagian terpenting dari power window mobil karena berfungsi untuk membatasi arus listrik. Dengan adanya sekring, ini bisa mencegah terjadinya kebakaran karena arus terlalu besar.

    • Power Window Motor

    Ini adalah suatu komponen yang bisa mengubah energi listrik aki ke energi putar. Kaca jadi bisa bergerak sesuai dengan kebutuhan kita.

    • Kawat Penghubung

    Kawat penghubung ini berfungsi untuk menarik glass holder. Kawat yang elastis ini membuat kaca secara otomatis terangkat saat glass holder juga terangkat.

    Cara Merawat Power Window Mobil

    Jika Anda tidak ingin power window mobil mengalami kerusakan, maka anda harus merawatnya dengan baik. Berikut caranya:

    • Memeriksakan Secara Berkala ke Bengkel