Berita

    Tanda-Tanda Sistem Transmisi Mobil Anda Bermasalah

    Salah satu masalah yang seringkali dialami oleh pengendara mobil adalah kondisi dimana transmisi mobil bermasalah. Hal ini tentu merupakan suatu masalah yang perlu ditangani secepat mungkin, terlebih lagi masalah ini tidak mudah untuk diindikasi. 

    Agar Anda dapat lebih waspada, terdapat beberapa gejala umum yang terjadi jika adanya masalah pada sistem transmisi mobil. Untuk lebih jelasnya, baca artikel berikut ini hingga selesai!

    Gejala-Gejala Transmisi Mobil Bermasalah

    Terdapat beberapa gejala atau tanda-tanda jika transmisi pada mobil Anda bermasalah. Apa saja? Berikut daftarnya:

    • Terlambat Merespon

    Pada saat Anda menginjak pedal gas dan mesin menderu namun kendaran melaju lambat tidak normal dapat diindikasikan adanya masalah pada sistem transmisinya. 

    Apabila Anda mengalami hal tersebut, ada kemungkinan bahwa drive plat kopling mobil sudah sangat tipis. Atau kinerja body valve yang melemah jika pada transmisi otomatis. 

    • Adanya Suara Dengungan

    Suara dengungan ini dapat terdengar mirip seperti suara normal pada mesin. Namun jika diperhatikan, lama kelamaan suara tersebut akan bertambah keras dengan terdengarnya bunyi layaknya ketukan benda tumpul yang beradu. 

    Suara semacam ini berasal dari beberapa komponen yang terdapat pada piranti transmisi yang berbenturan. Ini karena mekanisme pergerakannya yang terhambat karena kurang kuatnya dorongan dari oli transmisi.  

    • Cairan Transmisi Mengalami Kebocoran

    Kebocoran pada cairan transmisi lebih mudah untuk diidentifikasi. Hal ini karena apabila terdapat kebocoran pada cairan transmisi terutama untuk transmisi mobil matic akan berpengaruh pada kapabilitas pertukaran gear. 

    Sehingga sedikit saja muncul kebocoran, dapat menimbulkan masalah yang serius. Perlu Anda ketahui bahwa normalnya cairan transmisi berwarna merah terang, terlihat bersih dan berbau sedikit manis. 

    Namun tanda jika cairan tersebut perlu segera diganti adalah warnanya sudah berubah menjadi gelap dan berbau seperti terbakar. 

    • Terasa Getaran pada Mobil

    Jika Anda merasakan getaran yang tidak normal pada mobil, segera periksakan mobil Anda pada bagian kampas koplingnya karena bisa saja disebabkan karena bagian tersebut. Sudah mulai aus dan menyebabkan permukaan kopling tak merata.  

    • Bau Terbakar

    Kemunculan bau terbakar ketika Anda menyalakan mesin menandakan bahwa transmisi mesin mengalami overheating, solusinya perlu segera diberikan pelumas. 

    Hal tersebut dapat terjadi karena berkurangnya volume pelumas entah itu karena mengalami kebocoran atau pelumas sudah cukup kotor. 

    • Indikator Check Engine Menyala

    Apabila indikator check engine pada mobil Anda menyala, ini dapat menjadi pengingat awal jika adanya kerusakan pada sistem transmisi sekalipun tidak dapat dijadikan sebagai tanda utama terjadinya masalah pada transmisi. 

    Cara Cegah Transmisi Mobil Bermasalah

    mencari tau masalah pada transmisi

    Untuk mencegah terjadinya masalah pada sistem transmisi, terdapat beberapa hal yang dapat Anda lakukan, di antaranya:

    • Pastikan untuk Selalu Menetralkan Transmisi

    Tidak sedikit pengemudi yang merasa malas memindahkan gigi menjadi netral, karena dianggap merepotkan ketika mobil akan berjalan kembali. 

    Padahal apabila mobil akan berhenti cukup lama, ada baiknya untuk menetralkan transmisi untuk memberikan mesin beristirahat sebentar. 

    • Jangan Menekan Setengah Kopling di Tanjakan

    Penyebab lain yang biasanya dapat menyebabkan transmisi mobil bermasalah adalah kebiasaan menekan setengah kopling di medan menanjak. Ada baiknya Anda menggunakan rem tangan saja ketika hendak menghentikan mobil di medan tanjakan.

    • Menginjak Kopling Secara Halus

    Agar kondisi transmisi tetap terjaga, ada baiknya Anda membiasakan diri menginjak kopling secara halus agar tidak menimbulkan gesekan yang kasar. Pastikan untuk mengemudi dengan bijak dan menyesuaikan kecepatan dengan irama mesin. 

    Itulah beberapa gejala serta cara mencegah transmisi mobil bermasalah. Jika Anda mendapati gejala seperti di atas, ada baiknya untuk segera mengecek kendaraan Anda ke bengkel yang kompeten.