Berita

    Jangan Panik, Ini Dia Penyebab Mesin Mobil Mati

    Pernah mengalami masalah mesin mobil mati mendadak? Jika iya, bisa jadi hal tersebut adalah konsekuensi akibat Anda jarang merawat mobil. Akibatnya, mobil yang sedang dikendarai bisa tiba-tiba mati saat dalam perjalanan. Bila dibiarkan, hal ini berbahaya bagi Anda sebagai pengendara. 

    Sebaiknya, ketahui apa penyebab mesin mobil rusak dan mati agar solusi untuk mengatasinya juga bisa diketahui. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda juga bisa melakukan tindak pencegahan agar masalah ini ke depannya tidak terjadi lagi.

    Apa Saja Penyebab Mesin Mobil Mati? Ini Ulasannya

    Mesin mobil yang mogok atau mati mendadak bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Apabila sebelumnya kendaraan berjalan dengan aman namun tiba-tiba bermasalah dan tidak bisa dinyalakan, maka berikut ini potensi faktor penyebabnya.

    • Kehabisan Bahan Bakar

    Salah satu penyebab umum mesin mati mendadak adalah bahan bakar yang rendah atau habis. Ketika mobil kehabisan bahan bakar, mesin akan mati dengan sendirinya, sebab tidak ada lagi sumber energi yang bisa digunakan.

    Ini bisa terjadi ketika pemilik mobil tidak memperhatikan level bahan bakar di mobilnya. Jadi, pastikan selalu mengisi tangki bahan bakar mobil Anda secara teratur dan hindari mengemudi dengan tangki yang kosong.

    • Mobil Mengalami Overheating

    Apabila mesin mobil mati tiba-tiba, maka salah satu potensi penyebab utamanya adalah akibat overheating (panas berlebih). Jika mesin mobil terlalu panas, maka dapat mengalami kerusakan dan membuat mesin mesin secara mendadak.

    Beberapa penyebab overheating antara lain kebocoran pada sistem pendingin, pompa air yang rusak, atau terlalu banyak beban pada mesin. Jadi, pastikan untuk menjaga kondisi mesin dan sistem pendingin mobil dengan perawatan dan pemeriksaan rutin.

    • Masalah pada Alternator

    Salah satu potensi penyebab mesin mobil mati adalah akibat terdapat masalah pada komponen alternator atau dinamo ampere. Komponen alternator merupakan bagian yang berfungsi menyuplai listrik ke aki.

    Artinya, jika alternator rusak maka tenaga listrik yang dibutuhkan tidak bisa disuplai, sebab aki tidak bisa diisi. Akibatnya, mobil menjadi mati mendadak akibat tidak adanya pasokan listrik yang tersedia.

    • Masalah pada Sistem Starter

    Starter adalah komponen untuk menyalakan mesin mobil, sehingga apabila mobil Anda mati atau mesinnya sulit dinyalakan, bisa jadi penyebabnya adalah masalah pada sistem starter.