Berita

    Wajib Tahu! Cara Cek Kondisi Kaki-kaki Mobil

    Kondisi kaki kaki mobil perlu menjadi perhatian Anda, karena bagian ini rentan mengalami berbagai kerusakan. Jika terjadi kerusakan, maka perlu segera dilakukan perbaikan supaya tidak membahayakan.

    Anda perlu mengetahui berbagai cara untuk mengecek adanya tanda-tanda kerusakan. Dengan begitu, Anda dapat segera diperbaiki sesuai dengan permasalahan.

    Cara Cek Kondisi Kaki Kaki Mobil

    Berikut ini adalah berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk mengecek bagian kaki mobil. Perhatikan berbagai tandanya, supaya dapat menemukan solusi perbaikan yang sesuai.

    • Rem yang Terasa Kurang Enak

    Cara cek kaki kaki mobil dapat dilakukan dengan mengecek remnya. Jika Anda merasa kurang nyaman ketika menginjak rem, maka itu pertanda ada masalah.

    Untuk mengeceknya lebih lanjut, Anda bisa menekan rem ketika dalam kondisi berhenti. Jika terasa mengganjal, berarti ada sedikit udara di bagian salurannya.

    • Pengecekan Support Shockbreaker

    Untuk mengecek bagian kaki kaki mobil, Anda bisa melakukan pengecekan dari bagian kap mesin. Ini dapat dilakukan untuk memeriksa bagian support shockbreaker.

    Komponen tersebut memiliki fungsi untuk menjadi bantalan bagi shockbreaker. Bentuk dari komponen ini yaitu sejenis karet lingkaran dan mempunyai leher.

    Anda bisa mengecek komponen ini dengan memperhatikan tampilannya. Apabila karet tersebut sudah mulai getas atau terlihat ada retak, maka sebaiknya segera diganti dengan yang baru.

    Cara mengeceknya juga bisa dengan memutar setir ke kiri dan kanan. Jika support shockbreaker rusak, maka akan mengeluarkan bunyi. Bunyi itu disebabkan oleh kondisinya yang aus.

    • Cara Cek Shockbreaker

    Setelah mengecek support shockbreaker, Anda bisa lanjut mengecek bagian shockbreaker. Posisinya terlihat langsung di belakang roda.

    Anda bisa mengecek apakah ada pelumas yang bocor atau tidak. Pengecekan tersebut dapat dilakukan dengan mengangkat bagian karet penutup yang terlihat di balik per. Jika pelumas rembes atau bocor, maka segera lakukan perbaikan.

    Selanjutnya untuk mengecek performa shockbreaker, bisa dilakukan dengan mengayunkan roda mobil. Jika masih bagus, maka ayunannya akan minim.

    • Ban Aus dan Arah Roda Berputar

    Untuk mengecek kondisi ban, Anda dapat melihatnya secara keseluruhan. Cek semua bagian, apakah sudah aus atau belum. Jika sudah, maka sebaiknya diganti.