Berita

    Jangan Sembarangan, Ini Cara Mencuci Mobil di Tengah Pandemi Covid-19

    Buat sebagian orang, mencuci mobil adalah sebuah kegiatan yang melelahkan. Untuk itu, mencuci mobil di pencucian kendaraan bisa menjadi solusi sederhana.

    Namun ditengah kondisi pandemi seperti ini tentunya kegiatan sederhana tersebut akan memiliki risiko tersendiri. Pasalnya kita tidak mengetahui kondisi kesehatan orang disekitar kita saat menunggu kendaraan dicuci. Untuk menghindari hal tersebut, maka mencuci mobil sendiri adalah sebuah langkah bijak guna memastikan kendaraan tetap kinclong tanpa menambah risiko tertular wabah.

    Secara umum, sebenarnya langkah yang dilakukan tidaklah banyak berbeda bila dibandingkan saat kondisi normal. Meski demikian ada beberapa hal yang sebaiknya menjadi perhatian khusus untuk para pemilik kendaraan.  Dan berikut adalah yang harus dilakukan saat mencuci mobil di tengah pandemi

    1. Menggunakan Sarung Tangan Sekali Pakai.

    Untuk membersihkan mobil di tengah pandemi, waspada adalah adalah salah satu kunci untuk bisa bertahan hidup. Oleh karena itu, tak ada salah untuk menggunakan sarung tangan sekali pakai agar tangan tetap bersih dan terlindung dari kuman atau virus. Pastikan untuk selalu membersihkan sampah sisa makanan di dalam kabin mobil untuk menghindari timbulnya penyakit dan bau tidak sedap.

          2. Gunakan disinfektan

    Penggunaan desinfektan bisa dilakukan khususnya untuk beberapa komponen yang sering disentuh oleh tangan. Sebut saja handle pintu, lingkar kemudi, power window hingga tuas persneling dan juga tuas rem tangan.

    Sebaiknya berhati-hati untuk menggunakan jenis desinfektannya karena dikhawatirkan dapat merusak cat khususnya pada interior mobil. Cat yang rusak tentunya akan membuat tampilan mobil menjadi kurang sedap untuk dilihat.

          3. Lakukan Fogging

    Untuk memastikan kebersihan interior, tak ada salahnya untuk melakukan fogging mobil agar kualitas kebersihan semakin terjaga. Hal ini karena fogging bisa mencapai lokasi-lokasi yang tersembunyi. Tidak hanya itu saja, menyemprotkan fogging ke dalam kabin kendaraan Anda akan memperbaiki sirkulasi kabin kendaraan semakin sejuk, bersih dan sehat. Tentunya ini akan membuat kenyamanan berkendara menjadi lebih baik.

    Cara Mencuci Mobil yang Baik

    Mencuci mobil merupakan sebuah kegiatan yang seharusnya rutin dilakukan oleh pemilik kendaraan. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk memastikan kondisi mobil bersih, enak digunakan dan sedap dipandang.

    Tak hanya itu, mobil yang jarang dicuci juga bisa menyebabkan warna mobil menjadi kusam dan timbul jamur baik di body maupun kaca. Kondisi tersebut tentunya akan membuat mobil tak sedap dipandang mata.

    Namun mencuci mobil juga tidak bisa sembarangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar hasil cucian mobil lebih maksimal. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan

    • Gunakan Shampo Khusus

    Guna mempertahankan cat dari kendaraan, jangan sembarangan menggunakan sabun cuci. Pastikan untuk menggunakan sabun khusus mobil agar cat mobil tetap berkilau. Shampo tersebut telah memiliki PH atau tingkat keasaman yang rendah sehingga membuat cat mobil tidak mudah kusam karena efek asam sehingga tampilan mobil menjadi lebih apik dalam jangka panjang.

    • Hindari Mencuci di Bawah Terik Matahari

    Mencuci mobil di bawah sinar matahari langsung adalah salah satu kesalahan yang paling umum dilakukan masyarakat. Padahal, mencuci mobil di bawah sinar matahari dapat membuat air di bodi kendaraan menjadi lebih cepat kering. Kondisi ini bisa menyebabkan jamur yang berbentuk bintik air.

    • Usap dari Atas ke Bawah

    Mengusap mobil juga memiliki aturan sendiri. Pastikan untuk selalu mengusap dari atas ke bawah agar kotoran di bawah tidak kembali terangkat. Pastikan juga untuk menghindari gerakan memutar karena bisa membuat kotoran malah semakin tersebar.

    • Bilas Bodi Mobil dengan Air Mengalir

    Jangan membilas mobil yang dicuci dengan air sebarangan. Pastikan untuk selalu menggunakan air yang bersih dan mengalir. Setelah membilas, segera keringkan dengan kain berbulu dan pastikan untuk tidak menurunkan kaca jendela saat proses pengeringan.

    Hati-hati Saat Mencuci di Tukang Cuci Mobil

    Perlu diingat bahwa mencuci mobil di tempat pencucian kendaraan sebenarnya bukanlah langkah bijak di tengah pandemi seperti sekarang ini. Namun memang mencuci mobil di tempat pencucian memang bisa lebih bersih karena kolong kendaraan juga bisa ikut dicuci.

    Namun bila memang ingin melakukan pencucian di tukang cuci mobil, pastikan bahwa di lokasi tersebut pegawainya sudah melakukan vaksin terlebih dahulu. Meski vaksin tidak 100% dapat mencegah Covid-19, tetap saja risiko penularan akan menjadi lebih kecil.

    Selain mencuci mobil, pastikan juga untuk melakukan service secara berkala. Dealer Suzuki Handijaya Buana Trada yang berada di lokasi Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, Bekasi, Serang, Cilegon, Karawang, Cianjur, Sukabumi & Purwakarta Pun melayani service. Karena di bengkel resmi Suzuki akan ada teknisi kami yang menangani kendaraan Anda dengan peralatan dan suku cadang yang lengkap.