Berita

    4 Cara Merawat Aki Kering Mobil Selengkapnya

    Apakah kamu pernah merasa kesusahan saat menghidupkan mesin mobil? Nah salah satu penyebabnya adalah aki kering mengalami tekor.

    Meskipun tidak menggunakan cairan elektrolit Asam Sulfat (H2SO4), namun kamu perlu melakukan beberapa perawatan penting. Apa saja itu? Berikut ini adalah penjelasan tentang tips merawat aki bersifat kering pada mobil. 

    • Kontrol Arus Listrik Pada Aki Kering

    Untuk mengeceknya, kamu perlu menggunakan alat bernama Voltmeter. Namun saat ini, mobil-mobil telah dilengkapi oleh indikator kondisi aki. Maka dari itu kamu hanya perlu melihatnya melalui indikator cluster

    Angka ideal yang muncul pada indikator adalah 12. Jika penurunan angkanya tidak terlalu jauh, maka kamu tidak perlu menggantinya. Kamu hanya perlu menghidupkan mesin mobil selama beberapa waktu dan dilakukan secara berkala. Waktu yang tepat saat memanaskan mobil yaitu 10 menit.

    • Cek Kondisi Fisiknya

    Pada bagian penutup aku dapat dihinggapi oleh kotoran dan itu sangat mempengaruhi jalannya arus kelistrikan. Untuk itu, kamu perlu melakukan pembersihan agar penguapan pada aki tidak mengalami gangguan. 

    Selain kebersihannya, kondisi baut-baut pada aki tersebut haruslah menempel dengan sempurna. Selain itu, pastikan peletakannya sesuai dengan terminal positif dan negatif. 

    Jangan sampai salah memasangkan baut karena dapat mempengaruhi aliran listrik pada komponen listrik lainnya. Jika tidak sesuai, bisa jadi mobil kamu tidak akan bisa berjalan akibat kesalahan dalam pemasangan baut-baut tersebut.

    Ada lagi fisik aki yang harus kamu perhatikan yaitu karet atau braket. Benda kecil ini berfungsi untuk menjaga baut atau komponen kecil lainnya tetap pada tempatnya meskipun terkena guncangan sekalipun.

    Komponen-komponen fisik itu wajib kamu perhatikan secara detail. Itu bertujuan untuk kinerja aki yang optimal.

    • Jangan Pasang Aksesoris Berlebihan!

    Aksesoris yang dimaksud adalah perlengkapan tambahan yang membutuhkan tenaga listrik untuk menghidupinya. Biasanya, orang-orang kerap menambahkan beberapa hiburan tambahan seperti audio speaker, tv, dan juga lampu-lampu. Semakin banyak aksesoris, maka semakin banyak pula konsumsi listrik dari aki kering.

    Meskipun aki akan berjalan optimal saat mesin dihidupkan, namun cara merawat aki kering ini seharusnya tidak dilakukan saat mobil sedang dalam keadaan mesin mati. Hal itu karena aksesoris-aksesoris tersebut akan banyak mengambil daya listrik yang tersimpan pada alternator.