Berita

    Kenali Fungsi Door Visor Pada Mobil

    Dari sekian banyak aksesoris kendaraan roda empat, door visor mobil selalu terlupakan atau diremehkan, bahkan dianggap tidak penting. Nyatanya, pelindung pintu yang biasa disebut sebagai deflektor angin atau pelindung hujan ini mempunyai fungsi yang bermanfaat untuk pengemudi dan penumpang. 

    Apa saja fungsi door visor mobil? Mari simak ulasannya. 

    Ketahui Pengertian Door Visor Mobil

    Door visor memiliki sebutan lain yaitu pelindung angin, pelindung ventilasi, pelindung hujan, atau pelindung jendela. Alat ini dijadikan sebagai aksesoris penambah estetika kendaraan dan umumnya dipasang di atas jendela mobil. 

    Pahami Fungsi Door Visor Mobil

    Meski terlihat kecil, tetapi door visor mempunyai beragam manfaat yang penting untuk pengemudi atau penumpang. Seperti, melindungi penumpang dari sinar matahari, memungkinkan Anda untuk membuka jendela di waktu hujan, serta mampu membantu dalam mengurangi penggunaan bahan bakar melalui pemakaian Air Conditioner yang lebih rendah.

    Berikut detail fungsi visor mobil: 

            1. Mencegah Air Masuk ke Mobil Sewaktu Hujan dan Jendela dalam Posisi Dibuka

    Di waktu hujan, kadang kala Anda perlu membuka atau menurunkan kaca jendela untuk mengambil tiket tol atau tiket parkir. Dengan adanya visor di bagian jendela, sisi samping mobil akan terhindar dari kebasahan air hujan. Air pun tidak akan masuk ke dalam mobil. 

            2. Mengurangi Suara Bising yang Terdengar dari Mesin

    Untuk beberapa jenis mobil lama, suara mesin masih terdengar jelas. Bahkan, bisa mengganggu pengemudi atau penumpang. Agar dapat mengurangi atau meredam kebisingan mesin tersebut, Anda perlu memasang door visor mobil. 

    Sebab, aksesoris ini mampu mengarahkan aliran udara agar tidak masuk ke dalam area kabin. Suara-suara berisik dari mesin pun akan teredam sepenuhnya. Penumpang tidak akan terganggu. 

            3. Melindungi Komponen-komponen yang Tersimpan di Balik Kabin

    Di dalam mobil, ada komponen-komponen listrik yang harus dijauhkan dari air agar tidak terkena korsleting. Terutama komponen yang terletak di area kabin. Sewaktu hujan dan Anda terpaksa harus membuka jendela meskipun hanya sedikit, air bisa saja masuk dan menyebabkan terjadinya hubungan arus pendek. 

    Namun, dengan memasang visor, Anda dapat terhindar dari bahaya korsleting. Sebab, air tidak akan bisa masuk ke kabin, meskipun Anda membuka kaca.