Berita

    Inilah Ciri Kerusakan Bushing Arm yang Harus Anda Ketahui.

    Bushing arm merupakan salah satu komponen penting pada mobil yang berfungsi sebagai peredam getaran mesin, getaran saat mobil bergerak, dan sebagai penyeimbang suspensi. 

    Selain itu, komponen ini juga menjaga kaki-kaki mobil agar bekerja sesuai dengan fungsinya. Itu sebabnya ketika onderdil ini rusak, maka akan berpengaruh pada kenyamanan dan keamanan saat berkendara.  

    Apa saja ciri kerusakan dari komponen yang bentuknya menyerupai tabung besi yang di bagian dalamnya terdapat karet ini? Berikut informasinya. 

    4 Ciri Kerusakan Bushing Arm pada Mobil yang Harus Diwaspadai

    Setiap komponen yang ada pada mobil memiliki batas usianya masing-masing, begitu pula dengan onderdil yang satu ini. 

    Oleh karena itu, penting bagi setiap pengemudi untuk mengetahui ciri yang menandakan adanya gejala kerusakan dan kapan saatnya untuk diganti. Berikut ini empat ciri kerusakan arm bushing yang perlu untuk diwaspadai. 

    • Mobil Terasa Oleng saat Digunakan

    Ciri pertama yang umumnya muncul ketika arm bushing mengalami kerusakan adalah mobil akan terasa oleng saat dikemudikan. Terutama ketika mobil dipacu dengan kecepatan tinggi atau melewati permukaan jalan yang tidak rata. 

    Apabila diabaikan, gejala tersebut bisa menjadi pemicu terjadinya kecelakaan. Oleh karena itu, apabila mobil sudah mulai terasa mudah oleng, segera lakukan pemeriksaan. 

    Caranya adalah dengan merasakan arah kemudi saat mobil dijalankan. Apabila lingkar kemudi dalam posisi diam (tidak digerakkan) namun terjadi perubahan arah, ini tandanya bushing harus segera diganti dengan part yang baru. 

    • Muncul Suara Decit di Bagian Bawah Jok

    Ciri kedua yang merupakan pertanda adanya kerusakan pada arm bushing adalah munculnya suara mendecit di bawah jok bagian depan mobil. 

    Ketika suara decit tersebut saling beradu dengan suara mesin, maka kondisi tersebut bisa mengganggu kenyamanan Anda dalam berkendara.  

    Kerusakan tersebut terjadi karena bagian karet bushing telah retak akibat beban yang terlalu berat. Pemicu lainnya yang membuat onderdil ini menjadi cepat rusak adalah karena terlalu sering melewati jalanan yang rusak.   

    • Terlalu Berisik

    Ciri kerusakan bushing arm pada mobil yang ketiga adalah munculnya suara bising (berisik) yang sangat mengganggu kenyamanan. Sebab, suara tersebut akan langsung terdengar dari dalam kabin mobil.