Berita

    Wajib Tahu! Berikut Penyebab Mabuk Perjalanan

    Mabuk perjalanan atau motion sickness merupakan hal yang biasa terjadi bagi sebagian orang ketika sedang menaiki berbagai jenis kendaraan, misalnya mobil. Gejala umumnya yaitu merasa pusing dan mual selama berada di perjalanan, sehingga merasa lemas dan tidak nyaman.

    Meski bukan hal yang berbahaya, namun tetap saja dapat mengganggu berbagai aktivitas selama di perjalanan. Anda pun jadi kurang menikmati perjalanan tersebut. Maka dari itu, menjadi penting untuk mengetahui apa saja penyebab dari risiko perjalanan yang satu ini.

    Penyebab Mabuk Perjalanan dan Cara Mengatasinya

    Berikut ini adalah berbagai penyebab seseorang bisa mengalami mabuk kendaraan. Dengan memahami penyebab ini, Anda mungkin bisa mencari berbagai solusi pencegahannya.

    • Kendaraan Melaju Terlalu Kencang

    Penyebab pertama yaitu laju kendaraan yang terlalu kencang, sehingga dapat berpengaruh terhadap keseimbangan berbagai indera manusia. Ini bisa menjadi faktor pemicu terjadinya motion sickness.

    Jika jalanan yang ditempuh cukup ekstrem, maka risiko mabuk akan menjadi semakin besar karena terjadi berbagai guncangan besar. Kondisi tersebut misalnya ketika melalui jalan yang tidak rata, banyak tanjakan atau turunan, serta banyak belokan.

    Oleh sebab itu, sebaiknya Anda memperhatikan laju kendaraan, usahakan untuk tidak melaju dengan terlalu kencang.

    • Kurangnya Pencahayaan

    Kabin mobil yang terlalu gelap juga bisa menjadi penyebab seseorang mengalami motion sickness.

    Kurangnya pencahayaan akan membuat penglihatan terganggu, sehingga dapat memicu pusing, lelah, dan mual. Untuk meminimalisir risiko mabuk, aturlah pencahayaan kabin mobil dengan baik.

    • Pengaruh dari Suhu di Dalam Kendaraan

    Kondisi berikutnya yang perlu menjadi perhatian yaitu suhu di dalam kendaraan. Jika suhu di dalam mobil terlalu panas, maka dapat membuat tubuh semakin merasa lelah dan gerah.

    Hal ini bisa memicu rasa pusing dan mual, serta membuat penumpang semakin mudah dehidrasi.

    Istockphoto.com

    Risiko mabuk perjalanan juga dapat meningkat jika suhu tidak dapat dikontrol dengan baik. Jadi, tetap pastikan suhu di dalam mobil telah diatur dengan baik, jangan sampai terlalu panas.

    • Kurang Oksigen