Berita

    Intip Perbedaan All New Ertiga dan All New Ertiga Hybrid

    Suzuki sebagai produsen mobil top global terus melakukan inovasi pada teknologi mobilnya termasuk pada mobil All New Ertiga. Mobil yang dirilis di Indonesia pertama pada tahun 2015 ini diperbarui dengan All New Ertiga Hybrid pada tahun 2022.

    Suzuki Ertiga Hybrid sendiri diketahui menjadi LMPV pertama di Indonesia yang memakai mesin hybrid. Mobil ini memiliki sejumlah perubahan yang berbeda dari All New Ertiga 2018.

    Perbedaan Mobil All New Ertiga dan All New Ertiga Hybrid

    Berikut beberapa perbedaan antara All New Ertiga dan Ertiga Hybrid yang bisa Anda jadikan referensi sebelum membeli mobil seri ini:

    • Mesin

    Poin pertama tentu adalah mesin yang digunakan. All New Ertiga 2022 menggunakan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki atau SHVS yaitu perpaduan antara mesin konvensional dan ISG atau Integrated Starter Generator dan lithium-ion battery

    Selain itu, Ertiga Hybrid juga dilengkapi dengan teknologi Auto Start Stop dimana mobil akan mati ketika mobil berhenti seperti ketika di lampu lalu lintas. Teknologi ISG memungkinkan penyerapan dan penyimpanan energi listrik pada baterai.

    Teknologi tersebut lebih ramah lingkungan karena memiliki konsumsi daya yang lebih efisien. Selain itu, Ertiga Hybrid juga dilengkapi dengan teknologi Auto Start Stop di mana mobil akan mati ketika mobil berhenti seperti ketika di lampu lalu lintas.

    Sedangkan, mesin yang digunakan pada Suzuki Ertiga lama adalah jenis konvensional saja. 

    • Eksterior

    Untuk desain eksterior, kedua seri mobil ini sama-sama memiliki desain yang sporty dan elegan. Hanya saja, desain kap mesin dan grill Ertiga Hybrid memiliki ukuran yang lebih besar dari All New Ertiga generasi sebelumnya.

    Tidak hanya itu, lampu depan seri hybrid memiliki desain yang lebih ramping. Pada seri terbaru juga terdapat tambahan pilihan warna yaitu New Mellow Deep Red Color

    • Interior

    Adapun bagian desain interior, keduanya masih sama-sama memberikan kursi yang nyaman serta ruang penumpang yang luas.

    Hanya saja terdapat beberapa perbedaan antara seri lama dan baru yaitu mulai dari desain dashboard yang lebih modern, paduan two tone yang memberikan kesan mewah dan tambahan fitur yang canggih. 

    Beberapa fitur yang baru yang ada pada Ertiga Hybrid diantaranya yaitu kamera mundur dan ISOFIX. Keberadaan kamera mundur memudahkan pengemudi ketika akan memarkirkan mobil.

    perbedaan interior ertiga

    Sedangkan fitur ISOFIX adalah fitur yang berfungsi untuk memastikan jika car seat anak sudah terpasang dengan benar atau belum. 

    • Fitur Tambahan

    Suzuki All New Ertiga Hybrid dilengkapi dengan beberapa fitur yang sebelumnya belum ada pada seri lama seperti fitur ESP, Hill Hold Control, Cruise Control, dan masih banyak lagi. 

    Fitur Cruise Control memungkinkan Anda untuk mengatur kecepatan cukup dengan menekan 1 tombol.

    Adanya fitur Hill Hold Control akan membuat mobil selalu stabil dan tidak mundur ketika berada di jalanan yang menanjak. Fitur ESP atau Electronic Stability Program adalah fitur keselamatan yang meminimalisir agar ban tidak slip pada jalanan licin. 

    • Harga

    Dari segi spesifikasi, perbedaan mencolok antara All New Ertiga biasa dan Hybrid adalah pada mesin yang digunakan dan adanya beberapa fitur tambahan. Selain itu, untuk harga mobil Hybrid juga cenderung lebih mahal daripada Ertiga biasa.

    Apabila Anda mencari harga mobil yang lebih murah maka All New Ertiga masih bisa menjadi pilihan karena performanya yang tidak kalah jauh dari Ertiga Hybrid.