Berita

    Terapkan Tips Pola Hidup Sehat di Masa Pandemi Seperti Ini

    Penting sekali menerapkan pola hidup sehat di masa pandemi Covid-19. Selain bisa terhidar dari penyakit, juga bisa meningkatkan imunitas tubuh.

    Tenang saja, kebiasaan hidup sehat ini tidak rumit kok. Hanya saja membiasakan beberapa aspek dalam kehidupan sehari-hari. Seperti makanan, waktu istirahat dan lain sebagainya. Berikut tipsnya.

            1. Konsumsi Makanan Bergizi

    Hal pertama yang harus diterapkan adalah mengonsumsi apa-apa yang masuk dalam tubuh. Pastikan makanan mengandung gizi seimbang. 

    Contohnya konsumsi karbohidrat, protein, vitamin dengan seimbang. Seperti nasi, sayur, lauk juga buah-buahan.

            2. Sering Minum Air Putih

    Setelah makan, pastikan Anda minum air putih. Minimal yakni 8 gelas dalam sehari, atau paling tidak 1 liter. 

    Air putih ini sangat penting untuk tubuh. Bisa menangkal dehidrasi hingga meluruhkan berbagai penyakit yang ada di tubuh.

            3. Pola Makan Teratur

    Setelah memilih menu yang bergizi dan seimbang, Anda juga harus mengatur waktu untuk mengonsumsinya. 

    Beri jadwal rutin, supaya tidak lupa untuk makan dan minum. Misal jam 6 pagi sarapan, jam 12 siang makan lagi, kemudian jam 6 dinner. 

            4. Istirahat yang Cukup

    Selain mengatur makanan, Anda juga harus mengatur waktu istirahat. Berdasarkan rekomendasi kesehatan, rata-rata orang harus beristirahat selama 7-8 jam dalam sehari. 

    Mengapa demikian?

    Sebab ada saat tubuh melakukan aktivitas atau bahkan regenerasi saat tidur. Nah, apabila pola istirahat terganggu, misalkan begadang, maka aktivitas dalam tubuh bisa terhambat. 

    Akibatnya, berbagai masalah muncul dalam kesehatan. Jangan sampai terjadi ya!

            5. Olahraga yang Rajin

    Point selanjutnya yakni tubuh harus aktif berolahraga. Sebab saat berolahraga, racun yang ada dalam tubuh bisa keluar dibawa keringat. 

    Selain itu, olahraga bikin tubuh lebih bugar dan fit. Rutinkan minimal 3 kali dalam seminggu. Syukur-syukur bisa setiap hari, dengan durasi sekitar 30 menit hingga 1 jam saja.

            6. Tinggalkan Kebiasaan Buruk

    Pola hidup sehat berikutnya yakni meninggalkan kebiasaan buruk. Seperti mengurangi atau tidak merokok, makan junkfood atau minuman dengan kandungan gula yang tinggi.