Berita

    Smart Key! Kelebihan dan Kekurangannya

    Berkat kemajuan teknologi, kini fitur di berbagai kendaraan modern semakin canggih dan memudahkan. Salah satunya adalah fitur smart key (kunci cerdas) atau keyless entry yang menggunakan teknologi sensor untuk membuka dan mengunci pintu mobil.

    Cara kerjanya yaitu perangkat keras di kunci, pintu mobil, dan tombol starter akan saling berkomunikasi melalui sinyal. Ketika berada dalam jangkauan sensor pintu, maka pintu dapat dibuka hanya dengan mendekatkan kuncinya atau menekan tombol di gagang pintu.

    Kemudian setelah masuk ke dalam kabin, mesin bisa dinyalakan tanpa harus memutar kuncinya seperti teknologi konvensional. Dengan syarat, kunci masih berada dalam jangkauan sensor, mesin bisa dinyalakan melalui tombol starter.

    Kelebihan Teknologi Smart Key

    Sesuai dengan cara kerja di atas, teknologi kunci cerdas ini memiliki banyak sekali kelebihan dibandingkan penggunaan kunci konvensional. Mulai dari segi kepraktisan hingga keamanan, berikut ini rincian kelebihannya:

    • Lebih Praktis dan Nyaman

    Salah satu kelebihan utama teknologi ini adalah kenyamanan. Kini Anda tidak perlu lagi mengeluarkan kunci dari kantong atau tas lalu memasukkan serta memutar anak kuncinya secara manual.

    Dengan kunci cerdas, Anda dapat membuka pintu hanya dengan mendekatkan kuncinya ke mobil. Selain itu, Anda bisa menyalakan mesin hanya dengan sekali menekan tombol saja.

    Beberapa jenis kunci cerdas yang berupa remote tombolnya masih harus ditekan secara manual untuk mengunci atau membuka pintu. Namun kini juga banyak yang sudah dilengkapi dengan fitur kunci otomatis saat pemilik menjauh dari kendaraan.

     

    kelebihan dan kekurangan smart key

    Freepik.com

    • Keamanan Lebih Tinggi

    Pada mobil dengan kunci konvensional, pencuri atau pihak yang tidak bertanggung jawab masih bisa menduplikasi kuncinya. Namun, smart key bekerja berdasarkan transponder yang berkomunikasi dengan kode unik.

    Tanpa kode yang cocok, pencuri tidak bisa membuka pintu dengan mudah. Tidak perlu khawatir, karena perangkat mobil tersebut dirancang untuk hanya menangkap sinyal dari kunci yang sesuai saja.

    Kekurangan Teknologi Kunci Cerdas

    Seperti teknologi lainnya, fitur kunci satu ini juga memiliki aspek kelebihan maupun kekurangannya sendiri. Sebagai bahan pertimbangan ketika Anda menggunakan, jangan lupa untuk mengetahui berbagai poin kelemahannya berikut ini:

    • Gangguan Gelombang

    Gelombang radio adalah elemen penting dalam fungsi kunci cerdas. Gangguan pada gelombang radio dapat terjadi saat Anda memarkirkan mobil dekat dengan pemancar radio atau di dekat Base Transceiver Station (BTS) dari provider telepon seluler.

    Ketika gelombang kunci terganggu, perangkatnya bisa mati mendadak. Solusinya adalah mendekatkan kunci Anda ke tombol start/stop engine sambil menginjak pedal rem, sehingga receiver dapat menerima gelombang radio dengan lebih baik.

    • Masalah pada Rolling Code dan Baterai

    Rolling code adalah bagian dari teknologi kunci ini yang berfungsi untuk mengirimkan gelombang radio ke tuner mobil. Rolling code umumnya memiliki umur aktif sekitar lima tahun.

    Jika melebihi batas waktu ini, fitur kunci cerdas dapat berhenti berfungsi. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda perlu membawa kuncinya ke bengkel resmi untuk mengganti rolling code.

    Selain itu, baterai yang melemah atau kehabisan daya juga bisa membuat Anda sulit membuka pintu atau menyalakan mesin. Biasanya, baterai yang mulai melemah ditandai dengan redupnya lampu indikator pada kunci.

    Respon sistem kunci yang jadi lebih lambat dari biasanya juga bisa menjadi tanda. Umumnya, baterai kunci cerdas ini memiliki umur sekitar tiga tahun, sehingga pengguna disarankan untuk segera menggantinya jika mulai melemah.