Berita

    Featured Image

    Faktor Penyebab Warna Cat Mobil Pudar dengan Cepat

    Salah satu hal yang membuat mobil terlihat menarik adalah warna catnya. Sayangnya, cat mobil bisa memudar seiring waktu. Pemudaran ini akan semakin cepat karena sebab-sebab tertentu. Lantas, apa saja penyebab yang membuat warna cat tersebut mudah memudar?

    Salah satu penyebabnya adalah paparan sinar ultraviolet. Penyebab lainnya dapat dilihat dalam ulasan ini beserta cara mencegah cat cepat memudar.

    Penyebab Warna Cat Mobil Memudar

    Seperti yang telah dibahas sebelumnya, ada beragam penyebab warna cat memudar dengan lebih cepat. Berikut di antaranya.

    • Paparan Sinar Ultraviolet

    Sinar ultraviolet berasal dari matahari. Sinar ini dapat merusak berbagai hal bila terpapar dalam waktu yang cukup lama. Begitu pula bila mobil berada di bawah sinar matahari terlalu lama sehingga catnya akan memudar.

    Pemudaran cat ini terjadi akibat kemampuan sinar ultraviolet untuk merusak molekulnya. Selain sinar ultraviolet, sinar inframerah dari matahari juga mampu melakukan hal yang sama pada cat mobil.

    • Bahan Kimia

    Bahan kimia pada produk pembersih mobil juga menjadi salah satu faktor penyebab memudarnya cat. Hal ini terjadi bila bahan kimia tersebut tak cocok dengan cat bahkan cenderung keras.

    Pemudaran cat ini akan semakin parah jika mobil tidak dicuci dengan bersih. Kurangnya kebersihan saat mencuci mobil dapat membuat bahan kimia tersebut tertinggal pada body sehingga mampu merusak cat dalam waktu lama.

    • Cara Mencuci yang Salah

    Banyak orang yang mencuci mobil dengan sembarangan. Bahkan, alat-alat yang digunakan pun tak diperhatikan. Misalnya seperti menggosok body mobil terlalu keras dengan kain berpermukaan kasar.

    Cara dan alat seperti ini mampu membuat cat mobil memudar dengan lebih cepat. Tak hanya itu saja, baret-baret pada body juga bisa muncul sehingga dapat mengurangi estetika.

    • Polusi

    Banyak orang menggunakan mobil di daerah perkotaan. Sayangnya, daerah seperti ini mempunyai tingkat polusi yang tinggi. Polusi dan debu tersebut dapat membuat cat lebih cepat memudar jika menempel terlalu lama.

    Tak hanya itu saja, polusi serta debu juga akan membuat gangguan pada komponen lain. Misalnya adalah kotornya filter udara pada mobil.

    Cara Merawat Cat agar Tak Mudah Memudar

    Memang ada banyak penyebab cat mudah memudar pada mobil. Namun tak perlu khawatir karena ada berbagai cara untuk mengatasinya. Berikut di antaranya.

    • Parkir di Tempat yang Teduh

    Seperti yang telah disebutkan di atas, paparan sinar ultraviolet dan inframerah dapat membuat cat pada mobil mudah memudar. Oleh sebab itu, mobil perlu diparkirkan di tempat yang teduh.

    Akan lebih baik lagi jika mobil diparkirkan di tempat parkir atau garasi yang beratap. Namun bila tidak bisa, maka cover bisa digunakan untuk menutupi body mobil.

    • Mencuci secara Berkala

    Mobil perlu dicuci secara berkala agar kotoran maupun polusi bisa rontok minimal satu hingga dua kali dalam seminggu. Frekuensi tersebut dapat meningkat bila sering melewati jalan penuh polusi.

    • Mencuci dengan Benar

    Mobil perlu dicuci dengan benar agar tidak menimbulkan kerusakan pada cat atau membuatnya cepat memudar. Caranya dengan menggunakan kain microfiber yang halus untuk mengelap mobil. Selain itu, bahan pembersih yang aman bisa digunakan.