Berita

    Featured Image

    Part-Part Mobil Ini Bisa Patah dan Ini Bahayanya

    Jika Anda memiliki mobil, tentu Anda wajib mengetahui beberapa bagian atau part yang mudah patah. Hal ini agar Anda menyiapkan beberapa sparepart mobil patah sebagai penggantinya.

    Komponen bagian-bagian mobil yang mudah patah tentu diakibatkan oleh beberapa hal. Misal, lubang di jalan raya, aspal yang retak dan pecah, hingga usia komponen bagian mobil yang sudah tidak lagi baru.

    Pada artikel ini, Anda tidak hanya mendapatkan informasi tentang komponen bagian mobil yang mudah patah. Tetapi juga mengetahui bahayanya serta cara mengatasinya. Ikuti ulasannya sampai akhir!

    5 Bagian Mobil yang Bisa Patah, Siapkan Sparepart Mobil Patah Segera!

    Merawat dan mencegah kerusakan pada komponen body mobil merupakan kewajiban Anda sebagai pemilik mobil. Namun terkadang kondisi jalan raya yang rusak dan usia mobil yang sudah tidak mudah lagi bisa membuat beberapa komponen rusak, bahkan patah.

    Jika sudah patah, tentu dapat mengganggu kenyamanan Anda berkendara serta berbahaya juga. Ikuti ulasan bagian-bagian mobil yang mudah patah agar Anda dapat mencegahnya di bawah ini:

    • Bagian Kaki-Kaki Mobil

    Dapat dikatakan bahwa bagian kaki-kaki mobil menjadi bagian mobil yang rentan patah dan rusak. Bagian komponen mobil yang berfungsi untuk menstabilkan mobil ini akan terus bergerak.

    bagian kaki-kaki mobilFreepik.com

    Biasanya, penyebab bagian kaki-kaki mobil rentan rusak karena sering berkendara di jalan yang rusak dan penuh getaran. Jika Anda merasa arah roda berubah dan muncul bunyi roda bergoyang, sebaiknya periksa bagian ini.

    Karena kalau Anda menyepelekan kondisi kaki-kaki mobil yang patah, maka akan berisiko pada keselamatan Anda dalam berkendara.

    Cara mengatasi kaki-kaki mobil yang patah adalah melakukan spooring dan mengganti komponen kaki-kaki mobil dengan yang baru. 

    • Bagian Pelek/Velg Mobil

    Biasanya sparepart mobil patah yang banyak dicari adalah bagian pelek/velg. Lagi-lagi, bagian pelek bisa patah karena gaya mengendarai Anda tidak hati-hati dan benturan yang terjadi di jalan berlubang.

    Sudut keras yang ada di jalan berlubang dapat membuat pelek penyok, retak dan patah. Biasanya, ciri pertama bagian pelek patah adalah serpihan pelek yang hilang.

    Jika tidak segera diperbaiki, akan ada kendala dalam berkendara dan bahkan membahayakan Anda dan pengemudi lain.

    Pelek yang bengkok dapat dengan mudah diperbaiki, namun jika pelek mobil Anda retak dan patah, maka satu-satunya cara adalah menggantinya dengan pelek baru.

    • Bagian Ban Mobil

    Sebagai satu-satunya komponen mobil yang terus-menerus menyentuh jalan raya. Tentu bagian ini yang menjadi bagian paling rendah mengalami kerusakan dan patah.

    Permasalahan lain yang dapat terjadi pada ban mobil Anda adalah ban botak dan pengelupasan. Jika hal-hal ini terjadi, tentu kenyamanan Anda dalam berkendara akan terganggu.

    Terlebih jika Anda berkendara di jalanan licin, kondisi ban yang botak akan membahayakan Anda.

    Cara untuk memperbaiki ban yang patah, botak atau mengelupas tentu dengan memperbaikinya di bengkel resmi. Anda wajib menggunakan tenaga mekanik profesional untuk mengatasi permasalahan ini.

    • Bagian Knalpot Mobil

    Knalpot juga menjadi sparepart mobil patah yang sering dicari oleh pemilik mobil. Pasalnya, knalpot merupakan bagian mobil yang rentan patah apabila mobil melewati jalan berlubang terlalu sering.

    Bahaya knalpot yang patah adalah terhambatnya pengeluaran gas pembakaran mesin dan hal tersebut dapat menyebabkan asap knalpot masuk ke kabin mobil Anda. Hal ini tentu membuat tidak nyaman dan membahayakan kesehatan.

    • Bagian Sasis Mobil

    Komponen mobil terakhir yang mudah patah adalah komponen sasis mobil yang merupakan kerangka dasar atau pondasi mobil. Bagian ini merupakan bagian vital karena fungsinya sebagai struktur utama penopang komponen mobil lainya.

    Sasis mobil yang mengalami patah akan berakibat mobil tidak dapat dijalankan hingga terancamnya keselamatan pengendara dan penumpang.

    Maka dari itu, memperbaiki komponen sasis mobil yang patah adalah dengan membawanya ke bengkel resmi. Karena beberapa bagian wajib diperiksa secara detail dan teliti agar sasis dapat tersambung kembali dengan kuat.

    Itulah 5 sparepart mobil patah yang sering dialami oleh pengendara mobil. Jika Anda mengalami hal tersebut, tentu wajib diperbaiki dengan mengunjungi bengkel resmi. Semoga artikel ini bermanfaat!