Berita

    Featured Image

    Pentingnya Peranan Radiator pada Performa Mobil

    Pentingnya radiator mobil sangat berperan terhadap menjaga suhu mesin di dalam kendaraan. Sayangnya, belum banyak yang begitu paham akan fungsi dari komponen ini sendiri.

    Pada artikel berikut, akan dijelaskan apa itu radiator mobil beserta fungsi yang dimiliki untuk kendaraan. Berikut simak penjelasan lebih lengkapnya pada bagian paragraf di bawah berikut ini!

    Seberapa Pentingnya Radiator Mobil?

    Radiator merupakan alat yang dapat mengontrol suhu mesin pada kendaraan yang berguna untuk mengatur perpindahan panas dari satu medium yang lainnya. Tujuannya tentu untuk menyerap suhu panas sehingga mesin kendaraan kembali ke energi yang lebih stabil.

    Seperti yang diketahui, pada saat mobil digunakan untuk kebutuhan mobilisasi, mesin akan menjadi panas akibat terjadinya pembakaran pada blok mesin. Kemudian suhu mesin akan kembali stabil dengan adanya radiator mobil ini.

    Radiator dan komponen mesin lain yang diatur untuk menjaga suhu mesin harus berada di dalam kisaran operasional yang tepat, sekitar 75°C - 105°C. Namun, jika radiator mengalami kerusakan ini bisa menimbulkan beberapa tanda seperti korosi, volume pendingin cepat habis, hingga overheat.

    Pada kondisi mesin yang panas secara berlebihan, ini dapat menyebabkan kerusakan pada mesin kendaraan. Tentunya, jika hal tersebut berlangsung dalam waktu lama bisa menimbulkan kerusakan yang lebih parah pada mobil Anda.

    Cara Kerja Radiator Mobil

    Ada beberapa komponen penting yang ikut bekerja pada sistem pendingin, diantaranya adalah air radiator, kipas radiator, selang saluran coolant, dan thermostat yang berfungsi untuk memantau suhu pada saluran coolant.

    Saat bekerja, air pada saluran radiator akan mengalir melewati selang dan menyerap panas berlebih yang kemudian akan kembali ke radiator lagi. Sirip yang menjadi kipas radiator ini nantinya akan melepaskan panas ke udara.

    cara kerja radiatorFreepik.com

    Ketika kondisi air sudah terasa dingin, maka air kembali dan mengalir ke mesin guna menyerap panas secara berulang. Penggunaan sistem kerja pendingin ini akan terus berulang-ulang dan menjaga suhu mesin kendaraan tetap stabil.

    Radiator mobil memiliki peran yang sangat vital sehingga perlu melakukan perawatan serta penambahan coolant agar tetap bekerja dengan optimal. Hal ini juga didukung dengan beberapa komponen penting yang saling berhubungan satu sama lain.

    Oleh sebab itu, penting untuk memperhatikan apa saja tanda-tanda radiator bermasalah agar risiko mesin overheat bisa dicegah. Misalnya, mengecek tanda air radiator mobil apakah masih full atau sudah habis.

    Kemudian, pertimbangkan untuk tidak sembarangan memilih cairan pendingin pada radiator dan harus menyesuaikan rekomendasi dari pabrikan. Sebaiknya, jangan pula tergoda dengan warna air radiator karena tidak berpengaruh sama sekali pada kualitas yang dimilikinya.

    Komponen Penting pada Radiator Mobil

    Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, fungsi utama radiator adalah menjaga suhu mesin selalu stabil dan tidak mengalami overheat. Untuk bisa menjalankan fungsi tersebut secara maksimal, radiator mobil didukung oleh berbagai komponen penting lainnya, diantaranya:

    • Radiator

    • Tutup radiator

    • Thermostat

    • Water jacket

    • Tank reservoir

    • Kipas pendingin

    • Pompa air

    • Thermometer

    Dari beberapa komponen ini, penting sekali untuk dicek secara berkala sehingga dapat memastikan seluruh bagian yang terhubung bekerja dengan optimal. Mengingat pengaruh peran radiator cukup besar, sehingga penting sekali untuk memastikan secara berkala fungsi dari masing-masing komponen ini.