Berita

    Simak Penyebab Ban Tubeless Melembung

    Ban tubeless melembung dapat disebabkan oleh beberapa hal. Tentunya, Anda tidak hal ini terjadi karena dapat mengurangi kinerja mobil. Untuk itu, mari simak artikel yang akan membahas mengenai penyebab dari melembungnya ban tubeless agar segera bisa Anda lakukan penanganan lebih lanjut.

    Penyebab Ban Tubeless Melembung

    Ban tubeless adalah bagian mobil yang bisa saja suatu saat nanti mengalami masalah seperti mengalami kondisi melembung. Beberapa hal di bawah ini sering dikaitkan sebagai penyebabnya.

    • Usia Ban yang Sudah Tua

    Biasanya mobil yang sudah lama digunakan akan mengalami penurunan yang terkait dengan kualitas komponen mobil. Ban tubeless juga lama-kelamaan akan mengalami kerapuhan dan penipisan. Jika memaksa mobil bekerja dalam keadaan seperti ini, ban bisa melembung.

    • Terlalu Sering Memuat Kapasitas yang Berat

    Dalam pembuatan mobil biasanya telah didesain dengan kapasitas muatan tertentu. Karenanya, jika Anda terlalu sering menampung muatan melebihi kapasitas yang ditentukan, ban tubeless dapat melembung sebab ban berkontribusi dalam menopang mobil.

    • Mengisi Angin Tidak Sesuai

    Sebagian orang mungkin akan berpikir semakin banyak angin di dalam ban maka semakin kokoh pula kekuatan ban. Namun, mengisi ban tidak boleh sembarangan dan memiliki aturan tertentu yang biasa diatur dalam buku panduan. 

    Kelebihan dalam mengisi angin memungkinkan ban tubeless melembung. Karenanya, ban mobil harus diisi dengan jumlah angin yang tepat. 

    Jika Anda mengalami kesulitan, bawa saja mobil Anda ke bengkel biasanya karena para petugasnya telah paham mengenai permasalahan angin pada setiap jenis mobil.

    • Ban Terkena Benda Tajam

    Seringkali di jalanan terdapat benda tajam yang seolah-olah kasat mata. Meskipun begitu, Anda tetap harus memperhatikan dengan seksama jalan yang Anda lewati. Ini dikarenakan ban tubeless yang terkena benda tajam dapat melembung, mengalami kebocoran bahkan mengalami kerusakan parah.

    • Terlalu Sering Melewati Jalan Berlubang

    Jalan dengan permukaan yang tidak rata dapat menyebabkan ban tubeless melembung. Karenanya, saat mengemudi, Anda harus melewati jalan yang permukaannya rata. Jika tidak bisa dihindari, kemudikan mobil dengan perlahan.

    • Shockbreaker yang Tidak Berfungsi