Berita

    Ketahui Cara Membuka Kap Mesin Mobil dengan Benar

    Sebagai pengguna mobil ada kalanya Anda perlu membuka kap mesin mobil. Minimal untuk mengisi ulang air radiator, dan mengecek komponen mesin lainnya yang bisa dilakukan secara mandiri. 

    Karena itu Anda perlu memahami cara membuka kap depan mobil dengan benar. Supaya Anda tidak mengalami kesulitan dan tidak membuat sistem pengunci kap mesin cepat rusak. 

    Cara Membuka Kap Mesin Mobil

    Sebenarnya cara membuka kap depan mobil cukup mudah. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk alasan keamanan dan menjaga kondisi mobil. Anda bisa melakukan tahapan di bawah ini saat hendak membuka kap depan mobil:

    • Pastikan Mesin Mobil Mati

    Akan lebih aman jika Anda membuka kap depan mobil saat mesin dalam kondisi mati. Tapi bila ingin membuka kap dan membiarkan mesin tetap menyala, pastikan Anda sudah mengubah persneling kopling di posisi netral, untuk menjaga mobil tidak bergerak. 

    • Tarik Tuas Rem Tangan

    Selain mematikan mesin, tarik rem tangan agar benar-benar memastikan mobil tidak akan bergerak saat Anda membuka kap mesin. Terutama jika Anda hendak mengecek mesin di pinggir jalan raya. Pastikan Anda memarkirkan mobil di area yang permukaan tanahnya datar.   

    • Buka Kap Ketika Mesin Mobil Dingin

    Sebaiknya Anda membuka kap mobil saat mesin sudah dingin. Karena bila Anda membukanya ketikan mesin masih panas, tangan Anda bisa terkena luka bakar. 

    Namun dalam keadaan darurat gunakan sarung tangan atau lap saat membuka kap mesin, untuk melindungi tangan Anda dari panas.

    • Cari Tuas Untuk Membuka Kap Mobil

    Kap mesin baru akan terbuka bila Anda menarik tuas yang umumnya berada di bagian bawah dashboard atau di bawah jok pengemudi. Posisi tuas di setiap mobil akan berbeda. Ada juga yang meletakkannya di bawah dashboard dekat jok penumpang depan. 

    Biasanya pada tuas terdapat gambar berupa simbol mobil dengan kap terbuka. Jika Anda sudah berhasil menemukannya, tarik tuas  hingga terdengar suara ‘klik’ pada kap mesin mobil. 

    • Tarik Pengait di Kap Mobil

    Tuas yang berada di dalam mobil baru membuka pengunci pertama dari kap mesin. Selanjutnya saat hendak membuka kap mobil, Anda perlu menemukan pengait kap mesin. 

    Tekan pengait tersebut sambil mengangkat kap mesin, Jika kondisi mesin masih panas, gunakan sarung tangan saat membuka kap mobil. 

    • Pasang Penyangga Kap