Berita

    Apa itu Anti Roll Bar dan Fungsinya dalam Stabilitas Mobil

    Anti roll bar merupakan komponen yang mempunyai fungsi utama sebagai stabilitas mobil saat dikendarai. Dengan demikian, komponen ini mampu meningkatkan keselamatan pengendara maupun penumpang di dalamnya.

    Namun, masih banyak orang yang belum memahami stabilitas seperti apa yang dijaga oleh komponen satu ini. Bila Anda merupakan salah satu orang tersebut, maka artikel di bawah ini bisa dipelajari.

    Fungsi Anti Roll Bar

    Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, komponen ini mempunyai fungsi sebagai stabilitas mobil. Berikut rincian fungsi-fungsi komponen ini dalam mempertahankan stabilitas mobil:

    • Mencegah Body Roll

    Body roll merupakan kondisi ketika mobil menjadi tak terkendali bahkan terguling karena bermanuver. Hal ini merupakan salah satu bentuk kecelakaan yang fatal hingga dapat merenggut nyawa pengemudi maupun pengendaranya.

    Oleh sebab itu, komponen ini hadir untuk mengendalikan mobil agar tidak sampai mengalami hal tersebut. Biasanya, komponen ini akan berfungsi saat mobil sedang berbelok atau pada jalan yang miring.

    • Membuat Roda Lebih Mencengkram

    Cengkraman roda terhadap jalan diperlukan agar mobil tak mudah tergelincir. Hal ini akan semakin diperlukan jika jalan tersebut dalam keadaan licin atau permukaan jalan lainnya.

    Komponen ini pun bisa membantu roda untuk lebih mencengkram jalanan. Jadi, pengemudi maupun penumpang bisa tetap melakukan perjalanan dengan lebih aman dalam kondisi jalan apapun.

    • Mencegah Limbung

    Mobil kerap mengalami limbung saat perjalanan. Terlebih lagi jika jalan yang dilewati tidak rata atau bergelombang sehingga mobil rentan mengalami goncangan.

    Namun hal tersebut bisa diminimalisir dengan adanya komponen ini. Jadi, perjalanan pun bisa menjadi lebih nyaman dan aman.

    Cara Kerja Anti Roll Bar