Berita

    Featured Image

    Tips Merawat Sunroof Mobil agar Tetap Berfungsi Optimal

    Merawat sunroof mobil penting Anda lakukan demi memastikan fungsinya tetap optimal. Keamanan mobil ketika musim hujan maupun musim panas lebih terjamin jika sunroof terawat dengan baik. Anda akan terhindar dari risiko kebocoran atau kerusakan di masa mendatang.

    Fungsi sunroof sendiri selain meningkatkan visual mobil, antara lain untuk mengalirkan udara serta membuang aroma apek pada mobil. Itulah mengapa, perawatan sunroof tidak kalah penting bagi kenyamanan penumpang terutama saat perjalanan jauh.

    Terdapat berbagai tips agar Anda bisa merawat sunroof dan mempertahankan fungsinya dengan optimal. Simak selengkapnya melalui pembahasan berikut ini.

    7 Tips Merawat Sunroof Mobil agar Tetap Berfungsi Optimal

    Sunroof adalah fitur yang mobil yang berkontribusi meningkatkan visual maupun fungsional suatu mobil. Anda bisa merawatnya dengan melakukan berbagai upaya di bawah ini.

    • Melakukan Pembersihan dengan Teratur

    Lakukan pembersihan dengan teratur menggunakan sabun lembut dan juga air hangat. Perhatikan sudut-sudut sunroof agar tidak ada penumpukan pada bagian tersebut. 

    Sabun yang lembut dan air hangat akan melindungi permukaan sunroof dari tergores atau risiko kerusakan lainnya.

    Hindari pembersihan menggunakan sabun berbahan kimia yang abrasif serta sikat kasar. Sebab, permukaan sunroof akan rentan tergores dan rusak. Begitu pula karet pelindung sunroof yang rentan berlubang.

    • Memerhatikan Karet Pelindung

    Selanjutnya, periksa dan perhatikan karet pelindung yang terdapat pada sekitar sunroof secara teratur dan berkala. Anda perlu memastikan bahwa tidak terdapat keausan, keretakan, atau pun kerusakan pada karet pelindung. 

    Apabila Anda menemukan suatu kerusakan, maka sebaiknya segera lakukan penggantian pada karet pelindung tersebut. Ini demi mencegah terjadinya kebocoran ketika hujan maupun saat Anda mencuci mobil.

    • Mengecek Saluran Pembuangan Air

    Berikutnya, Anda bisa merawat sunroof mobil dengan mengecek saluran pembuangan airnya. Saluran ini berada di sekitar sunroof

    Cek apakah terdapat penyumbatan akibat penumpukan kotoran pada area tersebut. Gunakan sikat lembut atau alat khusus jika terjadi penyumbatan untuk membersihkannya. 

    Jangan sampai membiarkan penyumbatan terjadi berlarut-larut. Sebab, airnya dapat mengalir memasuki kabin hingga memicu kerusakan. Jadi, selalu cek saluran pembuangan air pada sunroof demi menghindari risiko tersebut.

    • Menghindari Tekanan Berlebihan

    Ketika membuka maupun menutup sunroof, Anda sebaiknya tidak menekan tombol sunroof terlalu kuat atau memberi tekanan yang berlebihan. Ini bisa memicu kerusakan bagi mekanisme sunroof itu sendiri. 

    Gunakanlah tombol secara lembut, lalu berhenti menekan tombol jika sunroof telah terbuka atau tertutup sepenuhnya.

    • Mengoleskan Pelumas

    Kelancaran pergerakan sunroof bisa Anda jaga dengan menggunakan pelumas. Namun, jangan sembarangan menggunakan pelumas dan ikuti rekomendasi dari produsen. 

    Oleskanlah pelumas di bagian engsel hingga rel sunroof menyesuaikan instruksi yang telah tertera di buku panduan. Hindari penggunaan pelumas dengan basis minyak atau bahkan produk yang bertentangan dari rekomendasi produsen. 

    • Tidak Menggunakan Sunroof Berlebihan

    Anda juga perlu bijak menggunakan sunroof. Hindari membuka atau menutup sunroof terlalu tinggi atau terlalu sering. Mekanisme sunroof akan rentan mengalami stres sehingga lebih rentan rusak pula. 

    • Menjaga Kebersihan dari Debu/Kotoran

    Satu lagi metode perawatan sunroof pada mobil, yakni menjaga kebersihan interior khususnya eksterior mobil. 

    Pastikan tidak terdapat debu atau kotoran yang jatuh hingga memasuki sunroof. Hal tersebut akan mengganggu mekanisme sunroof hingga memicu kerusakan lebih cepat.