Berita

    Featured Image

    Wajib Tahu! Komponen Mobil yang Rentan Rusak

    Mobil memiliki banyak komponen yang mendukung performa saat melaju tetap optimal. Tentunya semua jenis komponen mobil harus mendapatkan perawatan yang tepat agar mobil Anda bisa melaju dengan nyaman dan aman. 

    Perlu diketahui bahwa setiap jenis komponen pada mobil memiliki fungsi dan karakteristik yang berbeda. Beberapa di antaranya ternyata cukup rentan rusak sehingga harus dirawat dengan sangat hati-hati. 

    Komponen Mobil yang Rentan Rusak

    Sebenarnya setiap jenis komponen pada mobil bisa mengalami kerusakan. Namun ada beberapa jenis komponen yang ternyata lebih mudah rusak dan harus diperhatikan agar mobil Anda tidak mengalami kerusakan parah. 

    Berikut adalah komponen-komponen pada mobil yang terbilang rentan rusak karena berbagai faktor penyebab. 

    • Sistem Suspensi

    Pertama ada sistem suspensi dalam mobil yang sebenarnya memiliki beberapa jenis komponen. Misalnya saja seperti peredam kejut dan per yang keduanya sama-sama rentan mengalami kerusakan. 

    Biasanya kerusakan pada sistem suspensi ini lebih mudah terjadi jika mobil sering digunakan setiap hari. Terutama digunakan untuk berkendara di jalanan atau medan yang tidak halus. 

    Jika terjadi kerusakan pada sistem suspensi, maka mobil jadi tidak nyaman untuk dikendarai. Biasanya akan muncul getaran yang kurang nyaman, apalagi jika mobil melaju di jalanan yang tidak rata. 

    • AC Mobil

    Sistem pendingin kabin mobil atau AC ternyata juga terbilang rentan rusak. Mungkin Anda sendiri juga pernah mengalami beberapa masalah AC mobil yang membuat Anda jadi tidak nyaman berkendara. 

    Sebenarnya AC ini cenderung rentan rusak karena digunakan setiap hari saat berkendara. Belum lagi AC harus terpapar debu dan kotoran yang membuat kerjanya jadi lebih berat. 

    Sebaiknya lakukan perawatan AC dengan tepat. Mulai dari hal yang mudah dulu seperti membersihkan AC dan melakukan pengecekan rutin ke bengkel. 

    • Sistem Rem

    Anda tentu tahu bahwa komponen rem memiliki fungsi penting pada sebuah mobil. Komponen mobil satu ini adalah bagian vital yang akan menjaga keamanan Anda selama berkendara.

    Seringnya komponen-komponen dalam sistem rem mudah rusak seiring pemakaian. Biasanya bagian yang rusak adalah cakram, kampas rem, dan silinder rem. Penyebabnya beragam dan paling sering dijumpai adalah karat. 

    Jika masalah pada rem dibiarkan begitu saja maka risiko besar menanti Anda. Sistem rem bisa saja benar-benar rusak dan tidak berfungsi sehingga membahayakan diri Anda sendiri saat mengemudi. 

    • Aki

    Anda pasti paham betul bahwa aki memiliki peran penting untuk sebuah mobil. Tanpa adanya aki, maka mobil Anda tidak akan bisa melaju. Namun perlu diketahui bahwa aki adalah salah satu jenis komponen yang cukup rentan rusak. 

    Penyebab kerusakan aki itu sendiri sangat beragam. Lebih baik lakukan pemeriksaan secara berkala untuk melihat seperti apa kondisi aki. Jangan sampai kerusakan aki berkembang parah dan membuat mobil Anda mati total. 

    • Ban

    Seiring dengan pemakaian, bagian ban tentu saja akan mengalami aus dan perlu diganti. Namun perlu diketahui bahwa ternyata ban merupakan bagian mobil yang cukup rentan rusak. 

    Jika Anda tidak berkendara dengan tepat, maka ban mobil bisa saja lebih cepat aus. Misalnya selalu berkendara di medan yang ekstrem, tidak memperhatikan tekanan udara pada ban, dan lain sebagainya. 

    Pemilihan ban juga memiliki peran penting dalam hal ini. Pastikan untuk memilih jenis ban yang tepat dan berkualitas agar daya pakainya lebih lama.