Berita

    Simak Cara Merawat Kopling Mobil agar Awet

    Salah satu komponen penting pada mobil manual adalah kopling. Tanpa kopling, maka mobil tidak dapat melakukan perpindahan gigi sehingga mobil tidak dapat berjalan dengan baik. Lalu, bagaimana tips merawat kopling mobil agar awet? Berikut ulasannya.

    Cara Merawat Kopling Mobil agar Awet

    Kopling sendiri memiliki massa pakai dan harus diganti ketika sudah aus. Biasanya kopling harus diganti setelah menempuh 80 ribu kilometer. Nah banyak pengendara yang harus mengganti kopling sebelum waktunya karena kesalahan dalam memakai kopling.

    Padahal biaya penggantian kopling cukup mahal yaitu berkisar 1 sampai 2 juta. Namun Anda tidak perlu khawatir, berikut tips agar kopling awet.

            1. Jangan Injak Kopling Terus Menerus

    Anda memiliki kebiasaan menyandarkan kaki kiri pada pedal kopling saat berkendara? Jika iya maka segera hentikan kebiasaan tersebut. Meski hanya sekedar menempelkan kaki pada pedal kopling bisa menyebabkan tekanan dan mengurangi usia kopling. 

    Biasanya kopling akan terkikis ketika melakukan perpindahan gigi, namun jika Anda terus menerus menempelkan kaki pada pedal kopling maka kopling akan terus tergesek dan mempercepat aus. 

            2. Jangan Menerjang Banjir

    Selain dapat menyebabkan mobil mogok, menerjang banjir juga dapat menyebabkan kopling macet, sehingga usahakan untuk tidak memaksa menerjang jalanan yang banjir. Tunggu air surut, jika terpaksa segera periksa mobil Anda setelah melewati banjir. 

            3. Gunakan Ketika Diperlukan Saja

    Salah satu cara merawat kopling mobil agar awet, maka gunakan kopling mobil ketika diperlukan saja. Ketika berada di lampu merah sebaiknya netralkan gigi sehingga kaki Anda tidak capek menginjak kopling dan kopling pun tidak cepat menipis. 

            4. Gunakan Rem Tangan Saat di Tanjakan

    Kebanyakan pengendara memiliki kebiasaan menginjak setengah kopling ketika melewati tanjakan. Padahal kebiasaan tersebut dapat menyebabkan kopling dan persneling menjadi tegang dan menjadikannya tidak awet. 

    Sebaiknya Anda menetralkan kopling dan gunakan rem tangan untuk menjaga mobil tetap diam dan tidak mati. 

            5. Sesuaikan Gigi dengan Kecepatan

    Penggunaan gigi yang asal juga dapat menyebabkan kampas kopling cepat aus. Oleh karena itu, Anda harus menghindari memakai gigi tinggi pada kecepatan lambat. Termasuk sebaliknya yaitu memakai gigi rendah ketika berkendara dengan kecepatan tinggi.