Berita

    Mengenal Fungsinya Car Seat Bayi dan Pentingnya untuk Keamanan Anak

    Car seat bayi adalah perangkat khusus yang dirancang untuk mengamankan dan melindungi bayi atau anak kecil saat bepergian dengan mobil. Fungsinya sangat penting untuk keamanan anak, terutama saat menghadapi potensi risiko lalu lintas dan kecelakaan.

    Namun tentu saja kursi khusus bayi ini tidak tersedia secara langsung di mobil. Anda harus membelinya secara terpisah, apabila ingin memberikan perlindungan maksimal terhadap anak.

    Supaya bisa memahami manfaat dan fungsi secara lebih jelas, sebaiknya baca artikel berikut ini sampai selesai!

    Manfaat Memiliki Car Seat Bayi 

    Sebenarnya kursi khusus bayi di mobil adalah benda yang sudah ada sejak lama. Bahkan sudah ada sejak tahun 1930, sebelum Indonesia merdeka. Seperti namanya, memang peruntukkan kursi ini memang untuk keamanan anak.

    Lebih lanjut, berikut ini adalah poin-poin dan penjelasan mengenai manfaat dan alasan pentingnya ada kursi bayi di mobil Anda:

    • Perlindungan saat Tabrakan

    Baby car seat memang dirancang dengan fitur-fitur khusus yang dapat menahan dan melindungi dari benturan tabrakan. Sehingga membantu Anda melindungi bayi dari cedera serius atau fatal dalam kasus kecelakaan.

    Meski mobil telah memiliki pelindung sendiri, namun tidak ada salahnya untuk menambah perlindungan untuk bayi dan anak. Apalagi tubuh anak masih sangat rentan. Sehingga membutuhkan pelindung tambahan saat berada di kendaraan.  

    • Penyesuaian Ukuran dan Berat

    Kursi atau jok pada kendaraan tentu saja disesuaikan dengan orang dewasa. Berbeda dengan tempat duduk untuk bayi. Kursi yang satu ini bisa disesuaikan dengan ukuran dan berat bayi atau anak.

    Selain itu, desainnya bertujuan untuk menjaga postur bayi dengan benar, terutama untuk mendukung leher dan kepala yang masih lemah. Ini mengurangi risiko cedera leher dan tulang belakang.

    Sementara untuk pemasangannya tergantung usia. Ada yang terpasang menghadap depan atau belakang untuk menghindari pecahan kaca. Anda bisa melakukan pemasangan sesuai dengan petunjuk penggunaanya. 

    • Dilengkapi dengan Tali Pengaman

    Car seat bayi memiliki tali pengaman yang menahan bayi di tempat. Ini yang tidak bisa Anda dapatkan apabila hanya mengandalkan kursi atau jok mobil asli. 

    Sabuk pengaman yang tersedia, hanya bisa maksimal penggunaannya apabila digunakan oleh orang dewasa.