Berita

    Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Gigi Transmisi Loncat

    Gigi transmisi loncat seringkali menyebabkan kepanikan bagi pengemudinya. Selain itu, juga dapat membahayakan pengendara lain yang sedang berada di sekitar kendaraan kita.

    Maka dari itu, Anda harus menghindari masalah ini terjadi dengan memperhatikan kondisi kesehatan kendaraan Anda. Berikut terdapat penjelasan mengenai penyebab loncatnya gigi transmisi secara mendadak.

    Simak sampai habis ya!

    8 Penyebab Gigi Transmisi Loncat

    Terdapat tujuh faktor yang menyebabkan transmisi gigi mobil Anda loncat, yaitu sebagai berikut:

            1. Menggunakan Setelan Gigi yang Salah

    Gigi loncat biasanya disebabkan oleh penggunaan kopling yang tidak sesuai sehingga transmisi susah masuk ke gigi yang diinginkan karena nyangkut.

            2. Sinkromes Rusak

    Sinkromes merupakan komponen yang berfungsi untuk memperhalus putaran gigi  saat gigi dipindahkan secara cepat. Kerusakan pada komponen ini biasanya karena terjadi keausan.

            3. Clutch Cover Kopling Lemah

    Penyebab selanjutnya adalah clutch cover kopling lemah. Fungsi dari komponen ini adalah sebagai penjepit pada kampas kopling

            4. Blocking Ring Aus

    Blocking ring adalah komponen pada sincromesh berbentuk gelang dengan gerigo serta berwarna kuning keemasan.

    Fungsinya adalah sebagai pelindung roda gigi serta pemandu hub sleeve saat daya dan putaran dari gir dihubungkan oleh sinkromes.

    Blocking ring yang mengalami aus dapat menyebabkan gigi loncat dengan sendirinya. Jika dibiarkan begitu saja, tuas transmisi akan sulit Anda operasikan.

            5. Gaya Mengemudi yang Salah

    Salah satu kesalahan dari gaya mengemudi pengendara mobil manual adalah pindah transmisi ke gigi R namun mobil masih sedikit melaju dan belum berhenti dengan baik.

            6. Beban Muatan

    Muatan yang berlebihan pada kendaraan Anda menyebabkan transmisi akan bekerja dengan beban yang  berlebih. Transmisi yang tidak kuat akan mengalami loncat.

            7. Kurangnya Perawatan

    Kendaraan yang tidak dirawat secara baik hanya akan menunggu waktu rusaknya saja. Sama seperti merawat gigi transmisi pada mobil manual.

            8. Usia Pakai