Berita

    Ketahui Langkah Mudah Mengukur Tekanan Freon AC Mobil

    Freon AC mobil atau refrigerant merupakan sebuah komponen yang sangat penting di dalam sistem AC. Ketika pengisiannya, tekanan freon AC kendaraan harus diperhatikan dengan baik. Oleh sebab itu, mengisi freon AC tidak dapat dilakukan sendiri.

    Pengisian freon AC harus dilakukan oleh teknisi yang sudah ahli, sehingga tekanan hingga prosesnya berjalan dengan lancar. Namun, sebagai pemilik kendaraan, Anda harus tetap mengetahui jumlah tekanan freon AC yang diperlukan.

    Sekilas Mengenal Freon AC Mobil

    Kenyamanan kabin mobil sekarang ini bergantung dari suhu udara dingin yang dihasilkan AC. Lebih-lebih ketika siang hari dan cuaca sedang panas. Tentu saja suhu yang berada di dalam kabin menjadi jauh lebih panas. 

    Hanya membuka jendela mobil saja tidak cukup untuk mendinginkannya. AC bisa bekerja dengan maksimal karena adanya freon yang menjadi cairan refrigerant yang bekerja untuk mengubah udara panas menjadi lebih dingin sesudah diserap evaporator.

    Namun, freon AC mempunyai masa penggunaan. Saat udara sudah mulai berubah menjadi panas, penggantian freon AC dibutuhkan. Ketika pengisian inilah Anda harus mengukur tekanan freon AC mobil. Tentu saja tujuannya agar dapat menjaga sistem AC serta mesin mobil menjadi lebih awet.

    Tekanan Freon AC Pada Mobil yang Ideal

    Tekanan yang diperlukan ketika mengisi freon AC harus tepat yakni tidak boleh terlalu rendah dan tidak boleh terlalu tinggi. Untuk jumlah tekanannya, batas tekanan rendah memerlukan 15 hingga 30 psi. Sedangkan tekanan tinggi memerlukan 160 hingga 250 psi. 

    Tidak mengherankan jika setiap teknisi mempunyai alat pengukur tekanan freon AC saat mengisi dan selalu digunakan. Jika tidak menggunakan alat pengukur freon AC mobil, teknisi tidak bisa mengetahui tekanan yang sesuai untuk diberikan. 

    Bila tekanan yang diberikan tidak sesuai, beban mesin  dapat bertambah karena tekanan yang terlalu tinggi. Anda nantinya akan merasakan jika mesin begitu berat ketika AC menyala. Hal ini disebabkan karena sistem AC bekerja keras karena tekanan yang tinggi. 

    Selain itu, tekanan yang kurang tepat juga dapat menyebabkan AC tidak kunjung dingin walaupun sudah dinyalakan dalam waktu lama. Padahal, Anda barus aja mengisinya dengan freon baru. 

    Cara Mengecek Tekanan Freon AC 

    Sebelum melakukan pengisian, ada beberapa langkah mengecek saat freon AC mendekati habis. Pertama ialah mengecek bagian kompresor. Umumnya, kompresor AC tidak menyala atau bahkan berputar.