Berita

    Kenali Ukuran Aki Pada Mobil

    Ukuran aki mobil ada berapa dan apa saja macamnya? Biasanya, pertanyaan ini dilontarkan oleh seseorang yang awam tentang otomotif atau baru mengetahui bahwa jenis ukuran akumulator atau aki mobil tidak hanya satu. Tapi, menyesuaikan mobilnya.

    Namun, hal tersebut bukanlah masalah, selama ada keinginan untuk mencari tahu, salah satunya dengan membaca penjelasan berikut ini. Ya, artikel kali ini akan membahas seputar ukuran tersebut, maka dari itu jangan lewatkan informasinya!

    Beragam Ukuran Aki Menurut Kapasitasnya

    Jika digolongkan sesuai ukuran atau kapasitasnya saat memberi mesin mobil tenaga listrik, aki dipisah menjadi 2. Nah, untuk sebutannya sendiri adalah kode DIN/ETN dan JIS. Di bawah ini merupakan penjelasannya:

    • DIN/ETN

    Ini adalah 2 singkatan berbeda namun mempunyai kemiripan makna. DIN yakni Deutsche Institut Für Normung, lalu ETN yaitu Europe Type Number. Jadi, mobil yang berkode DIN/ETN bisa disimpulkan bahwa itu adalah buatan negara di Eropa.

    Untuk ukuran aki ini, ia biasanya disertai dengan 5 angka yang dapat Anda temui pada area samping. Tapi ada juga kode yang terdapat di area atas aki. Nah, dari 5 angka tersebut, 3 pertama adalah yang terpenting dan wajib Anda perhatikan.

    • Apabila Anda menemui angka 5 dalam urutan pertama, Anda sebaiknya memahami jika angka tersebut bisa berubah menjadi 0. 
    • Jika angka 6 dalam urutan pertama, Anda sebaiknya memahami jika angka tersebut dapat berubah menjadi 1.
    • Apabila menemui angka 7 dalam urutan pertama, Anda sebaiknya memahami kalau angka tersebut bisa berubah menjadi 2.

    Dengan memahami informasi di atas, Anda bisa mengetahui ukuran atau kapasitas aki mobil sebenarnya. Misal, bayangkan jika kode aki dalam mobil Anda adalah 54540, kemudian perhatikan 3 angka pertama, yakni 545.

    Lalu, ubahlah angka pertama menyesuaikan informasi di atas. Maka angka 5 akan menjadi 0, lalu 2 angka selanjutnya tinggal digabungkan bersama gubahan angka pertama yang telah diubah yaitu 045. Ini berarti aki mobil berkapasitas 045 Ah.

    • JIS

    Japanese Industrial Standard merupakan kepanjangan dari JIS. Sesuai dengan namanya aki berukuran ini biasanya berasal dari Negeri Matahari Terbit atau Jepang. Jika dibandingkan dengan aki sebelumnya, JIS cukuplah berbeda.

    Kode aki ini melibatkan kombinasi angka dan huruf. Selain itu, kodenya sendiri pun ada yang lama dan baru. Kode lama mempunyai kombinasi contohnya NS45ZL. Seperti sebelumnya, kode ini pun mengandung arti tersendiri. Berikut keterangannya:

    • NS adalah jenis aki lebih kecil yang mempunyai pengurangan daya dengan persentase 20%. 
    • 45 adalah angka penanda besaran ampere aki tersebut, yaitu 45 Ah. 
    • Z pertanda penambahan kapasitas sebanyak 10%.
    • L pertanda kutub negatif atau kepala aki berlokasi pada bagian kiri.