Berita

    Featured Image

    Mengenal Tombol-tombol Canggih di Dashboard Grand Vitara

    Dashboard Grand Vitara terkini sudah dilengkapi oleh tombol-tombol canggih. Hal ini membuat sebagian pengguna mungkin merasa bingung apa saja fungsi dari beberapa tombol tersebut. 

    Sebenarnya, beberapa tombol canggih yang terdapat pada Grand Vitara memiliki fungsi untuk mengaktifkan fitur kemananan dan kenyaman bagi pengguna. Namun, agar tidak salah tekan, mari kenali fungsi dari beberapa tombol canggih tersebut terlebih dahulu.

    Fungsi Tombol-Tombol Canggih pada Dashboard Grand Vitara

    Seperti mobil pada umumnya, dashboard pada Grand Vitara juga dipenuhi oleh beberapa tombol tertentu. Berikut beberapa fungsi dari beberapa tombol tersebut:

    • Hand-free Bluetooth

    Tombol pertama yang ada pada dashboard mobil Grand Vitara yaitu hand-free bluetooth. Fitur yang satu ini memungkinkan Anda bisa menelpon sambil menyetir tanpa mengganggu konsentrasi saat berkendara. 

    Dengan menghubungkan ponsel Anda melalui Bluetooth, Anda dapat menerima panggilan atau mendengarkan musik favorit tanpa perlu mengalihkan perhatian dari jalan. 

    Tombol ini biasanya terletak di setir atau dekat layar utama sehingga memungkinkan Anda untuk mengontrol ponsel tanpa menyentuhnya. 

    Fitur ini tidak hanya meningkatkan kenyamanan, tetapi juga memainkan peran penting dalam menjaga keselamatan karena Anda bisa lebih fokus saat berkendara.

    • Tombol Airbag

    Keamanan adalah prioritas utama dalam berkendara. Anda bisa menemukan tombol airbag ini pada dashboard Grand Vitara. Dengan adanya airbag, dapat meminimalisir benturan yang terjadi pada saat kecelakaan. 

    Biasanya, tombolnya terletak di bagian belakang tengah pada bantalan setir mobil. Berkat airbag, pengemudi dan penumpang akan lebih terlindungi dari risiko fatal akibat kecelakaan yang bisa membahayakan nyawa.

    • Tombol Cruise Control

    Cruise control adalah salah satu fitur yang sangat berguna bagi pengemudi yang sering melakukan perjalanan jauh. Dengan tombol cruise control, Anda dapat mengatur kecepatan konstan tanpa harus terus-menerus menekan pedal gas. 

    Fitur ini sangat ideal untuk digunakan di jalan tol atau jalanan lainnya yang membutuhkan kecepatan konstan. Kecepatan yang stabil dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi kelelahan. 

    Untuk mengaktifkannya, Anda tinggal menekan tombol tersebut. Selanjutnya, Anda bisa mengatur kecepatan mobil yang diinginkan menggunakan tombol RES+ atau SET-. Untuk menonaktifkannya, Anda bisa menekan tombol cancel.

    • Tombol Audio Control

    Tombol audio control pada setir Grand Vitara memberikan kemudahan akses untuk mengatur sistem audio kendaraan tanpa harus mengalihkan perhatian dari jalan. Anda dapat menyesuaikan volume atau mengubah lagu dengan cepat dan mudah. 

    Tombol dengan tulisan Mode berguna untuk mengganti sumber audio yang digunakan, misalnya dari radio, AUX, USB, atau bluetooth audio. Untuk mengatur volume audio, Anda bisa menggeser tombol Mode ke bawah atau ke atas.

    Sementara itu, tombol berbentuk tanda panah berfungsi untuk mengganti musik atau saluran video yang sedang diputar. Lalu, tombol berlogo Mute berfungsi untuk menghilangkan suara audio yang sedang diputar sementara waktu.

    • Tombol ABS

    ABS atau Anti Lock Brake System merupakan sebuah sistem keamanan yang dapat membantu mencegah rem terkunci dengan sendirinya. 

    Pada saat pengendara ingin mengerem secara mendadak, maka Anda perlu menekan tombol ini agar rem tidak tiba-tiba tidak terkunci.

    • Head Unit 9 Inch

    Saat ini, sudah banyak mobil yang dilengkapi oleh berbagai fitur hiburan canggih untuk memberi kenyamanan selama perjalanan. Hal ini pun berlaku pada Grand Vitara.

    Head unit berukuran 9 inch di Grand Vitara bukan hanya sekadar pusat hiburan, tetapi juga merupakan pusat kendali utama bagi berbagai fitur kendaraan. 

    Dengan layar sentuh yang besar dan responsif, Anda dapat mengakses navigasi, mengatur audio, menghubungkan ponsel melalui Bluetooth, dan bahkan mengontrol beberapa pengaturan kendaraan lainnya.