Berita

    Ini Dia Penyebab Mobil Terbakar yang Patut Dihindari

    Mengalami kejadian mobil yang terbakar tentu bisa menjadi hal yang merugikan sekaligus membahayakan bagi Anda terutama jika sedang berkendara bersama dengan keluarga.

    Peristiwa merugikan tersebut dapat terjadi kapan dan dimana saja yang tentunya dipicu oleh beberapa masalah yang ada pada komponen dalam mobil Anda.

    Sehingga penting bagi Anda untuk selalu memastikan kondisi mobil Anda sebelum menggunakannya agar Anda dapat terhindar dari situasi yang berbahaya seperti mobil terbakar.

    Lalu apa saja penyebab mobil bisa terbakar? Mari kita simak penjelasan berikut ini.

    6 Hal yang Menjadi Penyebab Mobil Terbakar

            1. Alami Overheat

    Saat Anda menghidupkan mesin mobil, secara otomatis mesin akan mulai bekerja dan mobil mengalami peningkatan suhu yang normal umumnya berkisar antara 60 hingga 95 derajat celcius lebih dari itu akan dikatakan overheat.

    Seringnya mobil yang mengalami overheat terjadi karena adanya masalah pada beberapa bagian komponen mesin yang menyebabkan mobil mengalami overheat dan yang terburuk hingga terbakar.

    Ekstrimnya suhu mobil dapat menimbulkan percikan api pada bagian mesin, membuat percikan api jadi melebar dan membuat mobil jadi terbakar dan bisa memicu mobil dapat meledak.

            2. Alami Aliran Listrik Yang Rusak

    Rusaknya aliran listrik pada mobil dapat terjadi sewaktu-waktu baik saat Anda sedang berada di jalan atau saat sedang memarkirkan mobil dan ini bisa memicu mobil terbakar.

    Akibat dari kerusakan aliran listrik ini dapat memicu kumpulan gas hidrogen jadi menumpuk pada bagian mesin paling dalam. Menumpuknya gas hidrogen dapat menyebabkan mobil mudah terbakar.

            3. Alami Bahan Bakar yang Bocor

    Salah satu penyebab utama mobil jadi terbakar adalah karena mengalami kebocoran pada bahan bakarnya. Seperti yang diketahui bahan bakar memiliki sifat yang sangat mudah untuk terbakar.

    Sehingga penting bagi Anda untuk selalu mengecek apakah penutup oli dan bensin pada mobil sudah tertutup dengan rapat ataukah tidak. Sebab jika ada cipratan oli dan bensin akan berbahaya saat terkena percikan api.

            4. Melakukan Modifikasi Berlebihan

    Sudah hal yang wajar jika para pemilik kendaraan ingin melakukan modifikasi pada mobil mereka. Modifikasi biasanya dilakukan pada bagian body, mesin hingga komponennya juga dapat diganti.

    Namun, terkadang penggantian yang dilakukan khususnya pada komponen mesin terkadang tidak sesuai dengan standar. Akhirnya menimbulkan ketidakseimbangan pada kinerja komponen hingga mengalami keberatan suplai daya yang memicu terjadinya kebakaran.