Berita

    Cara Mengetahui dan Mengatasi Masalah pada Suspensi Mobil Anda

    Suspensi mobil adalah sistem penting di dalam kendaraan, karena memainkan fungsi sebagai penyerap berbagai getaran atau guncangan yang timbul sedang berkendara.

    Biasanya, ketika berkendara, ada saja jalan yang kurang mulus atau berlubang, sehingga sistem suspensi dapat berperan penting di sini.

    Namun, sistem ini bisa saja mengalami masalah, sehingga dapat berpotensi untuk mengganggu keamanan dan keselamatan berkendara.

    Cara Mengetahui Masalah Suspensi Mobil

    Karena sangat berperan dalam meredam getaran dan menyeimbangkan mobil, maka sistem ini sangat berguna untuk menjaga keselamatan dan keamanan setiap pengguna mobil.

    Maka dari itu, kondisi sistem suspensi menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Ada berbagai cara untuk mengetahui permasalahan sistem suspensi pada kendaraan mobil, antara lain memperhatikan tanda-tanda berikut:

    • Terjadi Kebocoran Suspensi

    Tanda pertama yang bisa diperhatikan yaitu jika terjadi kebocoran dari sistem suspensi. Hal ini bisa diketahui dengan cara melihat kondisi suspensi, jika ternyata ada bagian yang basah terkena oli, maka itu menjadi pertanda kebocoran.

    • Bodi Mobil Mulai Kurang Stabil

    Kedua, jika bodi mobil sudah mulai tampak kurang stabil atau terasa miring, terlebih jika sedang melintasi jalan yang menanjak.

    • Pengereman Mobil Tidak Stabil

    Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah memperhatikan pengereman. Suspensi rusak dapat berdampak pada melemahnya proses meredam, sehingga tekanan ban menjadi berkurang dan berdampak terhadap terhambatnya sistem pengereman.

    • Terdengar Suara Berdecit

    Selanjutnya, ciri dari kerusakan sistem suspensi juga bisa diperhatikan ketika mobil melintasi polisi tidur atau jalan yang menanjak.

    Jika Anda mendengar bunyi mendecit, biasanya diiringi dengan guncangan yang terasa berlebihan, maka ini bisa jadi karena ada kerusakan pada sistem suspensi.

    Kerusakan tersebut membuat suspensi mengalami kesulitan ketika akan menjalankan tugasnya dalam meredam getaran.

    Cara Mengatasi Masalah Suspensi Mobil

    Setelah memahami berbagai cara mengetahui masalah suspensi, maka selanjutnya penting bagi Anda untuk paham bagaimana cara untuk mengatasi masalah tersebut. 

    Cara Mengatasi Masalah Suspensi Mobil

    Berikut adalah empat cara penting yang bisa Anda lakukan ketika sistem suspensi mengalami masalah:

    • Periksa Komponen Suspensi dan Ganti Komponennya jika Sudah Rusak

    Cara pertama yang bisa dilakukan yaitu melakukan pengecekan terhadap berbagai komponen pada sistem suspensi, misalnya per dan bushing.

    Jika ternyata ada kerusakan yang terjadi pada komponen tersebut, maka cara terbaik untuk mengatasinya yaitu dengan melakukan penggantian komponen lama dengan yang baru.

    Perawatan berkala juga menjadi sangat penting untuk tetap memperhatikan kondisi suspensi dan berbagai komponennya.

    • Lakukan Penggantian Oli Suspensi

    Selanjutnya, Anda bisa mengatasinya dengan melakukan penggantian oli suspensi. Hal ini sangat berpengaruh terhadap kinerja suspensi, sehingga ada baiknya diperhatikan dengan tepat.

    Penggantian oli suspensi memang perlu dilakukan secara berkala, sehingga Anda bisa tetap menjaga kondisi suspensi.

    • Pasangkan Suspensi Aftermarket

    Anda juga bisa mengatasi masalah suspensi dengan memasangkan suspensi aftermarket. Namun, pastikan bahwa Anda membeli produk yang terjamin kualitasnya, sehingga hasil pemasangannya bisa lebih optimal.

    • Lakukan Penggantian Suspensi

    Selain berbagai cara di atas, salah satu cara tepat dalam menyelesaikan permasalahan suspensi adalah dengan melakukan penggantian. Anda bisa membawa mobil ke bengkel, supaya suspensinya bisa diganti dengan yang baru.

    Meski akan menghabiskan biaya yang terbilang cukup mahal, namun inilah cara tepat jika suspensi memang sudah dalam kondisi yang rusak atau usang.

    Itulah berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui tentang masalah suspensi yang mungkin saja terjadi pada mobil Anda. Selain itu, telah dijelaskan pula cara tepat yang bisa dilakukan jika ternyata sistem suspensi mengalami masalah.

    Sistem suspensi mobil memiliki peran penting dalam menjaga keamanan, keselamatan, dan kenyamanan dalam berkendara, sehingga perawatannya perlu sangat diperhatikan.