Berita

    Tips Membersihkan Karpet Mobil

    Karpet mobil adalah salah satu benda yang sangat perlu dijaga kebersihannya. Dengan menjaga kebersihan karpet, tentu para penumpang di dalam mobil dapat merasa nyaman dan bebas dari bau.

    Sebenarnya, membersihkan karpet dari kabin mobil bukanlah hal yang sulit. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah dengan cukup mudah, tidak selalu harus di tempat cuci mobil.

    Tips Membersihkan Karpet Mobil

    Untuk membersihkan karpet pada mobil, maka Anda bisa mengikuti berbagai langkah dan  tips berikut ini.

    • Keluarkan Karpet dari Kabin Mobil

    Hal pertama yang perlu Anda lakukan yaitu mengeluarkan karpet dari kabin mobil. Dengan mengeluarkan karpet, maka pembersihan akan lebih mudah untuk dilakukan.

    Selain itu, berbagai kotoran yang ada di karpet juga tidak akan membuat kotor komponen lain yang ada di kabin mobil. Setelah dikeluarkan, letakkan karpet di tempat yang terbuka sehingga mudah untuk melakukan pembersihan.

    • Basahi dengan Memakai Air

    Selanjutnya, basahi karpet dengan memakai air. Basahi hingga merata di seluruh bagian dari permukaan karpet. Dengan begitu, Anda nantinya akan lebih mudah untuk membersihkan berbagai jenis kotoran yang menempel.

    • Pakai Sabun atau Sampo, Lalu Sikat

    Setelah dibasahi, maka Anda bisa mengoleskan sabun atau sampo ke permukaan karpet. Jika terdapat banyak kotoran yang tebal, maka Anda bisa mengoleskan sabun atau sampo dengan jumlah yang lebih banyak.

    Selanjutnya, pakai sikat khusus untuk menyikat permukaan karpet. Sikat yang dipakai bisa disesuaikan dengan jenis kotoran dan ketebalannya. Pilihlah sikat yang bisa mengangkat bersih kotoran di permukaan karpet.

    Jika tidak terlalu banyak kotoran yang perlu dibersihkan, Anda bisa memakai kuas atau sikat yang lebar. Namun, jika banyak kotoran membandel, Anda bisa memakai jenis sikat yang kuat dan tebal.

    • Siram Karpet Hingga Kotoran dan Sabun Bersih

    Jika permukaan karpet sudah disikat hingga bersih, maka Anda bisa menyiram atau membilasnya. Bilas secara menyeluruh, pastikan tidak ada kotoran atau sabun yang tersisa di permukaan karpet.

    • Jemur Sampai Kering

    Setelah dibilas dan tidak ada lagi sisa sabun atau sampo, maka Anda bisa langsung menjemurnya. Sebaiknya, Anda tidak menjemurnya di bawah paparan sinar matahari langsung karena bisa membuat warna karpet jadi memudar.

    Sumber: iStock