Berita

    Simak Dampak Buruk Ban Tubeless Dipasang Ban Dalam

    Meskipun ban tubeless tidak diragukan lagi keunggulannya, karena dapat mencegah tusukan, meningkatkan kenyamanan, dan lain lainnya. Pernahkah Anda mendengar kekurangan dari ban tubeless ?

    Ban tubeless mungkin merupakan penemuan terbesar sejak ban pneumatik. Meskipun sejarah pengembangan produk beroda dipenuhi dengan barang-barang inferior, dan menurut kami ban tubeless merupakan salah satu kemajuan yang substansial. Namun faktanya, teknologi tubeless sekarang memiliki kelemahan yang signifikan, beberapa di antaranya:

    Ban Dalam Tidak Dapat Digunakan Pada Ban Tubeless 

    Ban tubeless tidak dapat digunakan bersamaan dengan ban dalam. Meskipun memungkinkan, prosedur ini hanya boleh dilakukan sebagai backup jika ban tubeless kempas. Namun hal ini sangat jarang terjadi, mengapa? Karena Anda akan kehilangan efisiensi rolling dan ketahanan sehingga ban akan lebih mudah kempes. Saat ban Anda menggunakan sistem tubeless, Anda masih dapat melanjutkan perjalanan. 

    Hanya ban dalam dengan ban yang kompatibel dengan tubeless yang diizinkan saat menggunakan pelek tanpa kait Seri AR atau Seri G. Fungsi tekanan ban maksimum untuk setiap pelek sama pentingnya. Ban akan dipasang dengan aman di pelek. Untuk melepaskan kekhawatiran, terlepas dari desain pelek, Ban Seri SES kompatibel dengan pelek berkait dan tanpa kait.

    Apakah Aman Menggunakan Ban Dalam Pada Ban Tubeless?

            1. Kehilangan Tekanan Udara secara Tiba-Tiba

    Memasukkan ban dalam ke dalam ban tubeless dapat berbahaya karena ada kemungkinan tekanan akan hilang jika tabung dipasang dengan tidak benar atau jika ban bocor. Jika mobil bergerak cepat, fenomena ini dapat menyebabkan kehilangan kendali dan mengakibatkan tabrakan yang fatal.

    Ketika terjadi tusukan pada ban tubeless, benda tembus umumnya dijepit oleh inner liner atau inbuilt tube, oleh karena itu, kehilangan udara secara bertahap terjadi.

    Namun, jika ban bocor saat ada tabung di ban tubeless, kehilangan udara akan terjadi dengan cepat setelah benda tersebut menembus tabung. Dalam situasi ini, tabung ekstra tidak lagi berfungsi sebagai penghalang kedap udara dan udara dengan cepat keluar melalui lubang katup antara butiran ban dan roda.

            2. Risiko Bocor 

    Berbeda dengan ban tubeless, yang tidak memiliki permukaan bagian dalam yang mulus, ban yang dibuat khusus untuk ban memiliki. Karena kekasaran ban, jika tabung dimasukkan ke dalam ban tubeless, tabung dapat bergesekan dengan abrasif dan mengakibatkan tusukan.