Berita

    Ketahui Kebiasaan Berbahaya Saat Berkendara

    Banyak kecelakaan terjadi setiap tahunnya di berbagai tempat. Tak jarang kecelakaan ini disebabkan oleh kebiasaan berbahaya saat berkendara yang sering lakukan. Oleh sebab itu kita harus menghentikannya sebelum terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

    Apa saja kebiasaan-kebiasaan yang berbahaya tersebut? Simak ulasannya di bawah ini untuk meningkatkan keamanan Anda dalam berkendara!

    Macam-Macam Kebiasaan Berbahaya saat Berkendara

    Pasti Anda sudah tahu bahwa dalam berkendara perlu kehati-hatian yang tinggi. Namun sayangnya banyak orang tak sadar telah melakukan hal-hal yang berbahaya saat berkendara. Hal-hal tersebut antara lain:

    • Menggunakan Ponsel

    Masyarakat sering menggunakan ponsel ketika berkendara. Padahal penggunaan gawai tersebut dapat mengurangi konsentrasi bahkan mengalihkan perhatian sepenuhnya. Terlebih lagi bila sedang terlibat dalam percakapan yang intens.

    Oleh sebab itu, letakkan ponsel Anda terlebih dahulu selama berkendara. Jika Anda benar-benar perlu menggunakannya, sebaiknya menepilah sejenak dan pastikan mobil Anda dalam keadaan berhenti sempurna.

    • Melepaskan Tangan

    Banyak kegiatan yang menyebabkan kita melepaskan tangan kita dari setir, seperti membetulkan AC mobil, perangkat audio, dan sebagainya. Hal tersebut berbahaya karena mengurangi refleks Anda, sekalipun hanya melepas satu tangan saja.

    Oleh sebab itu, pastikan semua perangkat di mobil Anda dalam keadaan prima dan sudah sesuai dengan keinginan sebelum mulai menyetir sehingga Anda tidak perlu mengoperasikannya selama berkendara. 

    • Menoleh

    Terkadang kita tidak sengaja menoleh karena melakukan sesuatu, seperti berbicara dengan penumpang atau memarahi anak-anak ketika mereka bertengkar. Padahal hal ini berbahaya karena mengurangi konsentrasi serta kewaspadaan dalam berkendara.

    Maka dari itu, tetaplah melihat ke depan meskipun Anda perlu berkomunikasi dengan penumpang. Jika Anda berkendara bersama anak-anak dan berpotensi menimbulkan gangguan, ajaklah pasangan untuk membantu mengurus mereka.

    • Musik Terlalu Kencang

    Salah satu kebiasaan berbahaya saat berkendara adalah mendengarkan musik terlalu kencang. Musik memang membantu kita agar tidak bosan dan mengantuk saat berkendara. 

    Namun musik yang terlalu kencang akan membuat suara dari luar seperti klakson tidak terdengar dan juga dapat mengganggu indera pendengaran.