Berita

    Ketahui Fungsi Tang Crimping dalam Otomotif & Cara Menggunakannya.

    Tang crimping merupakan jenis tang yang mungkin kurang lazim di kalangan masyarakat. Namun jenis tang ini ternyata punya banyak fungsi. Mari cari tahu apa saja kegunaan jenis tang unik ini dalam dunia otomotif. 

    Mengenal Tang Crimping

    Dilihat dari bentuk fisiknya, jenis tang ini memang cukup berbeda. Tidak heran jika banyak orang tidak mengenali jenis tang tersebut. Fungsinya pun berbeda dari mayoritas tang yang lain. 

    Tang tipe ini punya kepala tang yang di dalamnya ada banyak sekali lubang crimping atau crimping hole. Setiap produk tang ini juga punya crimping yang berbeda-beda. Ada yang satu lubang, tiga lubang, dan lain sebagainya. 

    Di bagian bawah, tang ini memiliki crimper yang fungsinya adalah untuk memasukkan kabel ke konektor RJ45. Lalu di bagian bawahnya lagi ada wire striper untuk menguliti kabel. 

    Beberapa produk tang ini juga dilengkapi ratcher labor di bagian gagang. Fungsinya adalah untuk mengamankan tangan pengguna saat memotong dan menguliti bagian kabel. 

    Fungsi 

    Setiap jenis tang memang memiliki fungsi yang berbeda-beda. Desain tang memang dibuat sedemikian rupa agar bisa menjalankan fungsinya. Berikut adalah beberapa fungsi dari tang crimping:

    • Menguliti Kabel

    Fungsi yang pertama, tang ini akan membantu Anda untuk menguliti kabel. Biasanya kabel ini akan digunakan saat pengguna ingin menguliti isolator kabel dengan rapi. 

    Hasil pengulitan kabel memakai tang ini bisa rapi. Tidak ada serabut kabel yang patah sehingga jauh lebih aman dan hasilnya juga lebih bagus. 

    • Memotong Kabel Listrik

    Tang jenis ini juga biasa dipakai untuk memotong kabel listrik mobil yang ukurannya cukup tebal. Biasanya semakin tebal ukuran tang maka akan semakin keras untuk dipotong. Itulah mengapa dibutuhkan alat khusus. 

    Alat tersebut adalah tang dengan crimping hole ini. Jenis tang ini punya kekuatan yang sangat bagus sehingga bisa memotong kabel yang tebal dan keras dengan mudah tanpa perlu ribet. 

    • Memipihkan Kabel

    Fungsi lainnya adalah untuk memipihkan kabel. Ada beberapa kabel dalam mobil yang mungkin harus dipipihkan. Tentu akan sulit jika tidak memakai alat khusus. Selain itu hasilnya juga bisa saja jadi berantakan. 

    Tang ini akan membantu Anda memipihkan kabel dengan rapi dan mudah. Jadi hasilnya bisa lebih estetik dan rapi tanpa mengganggu performa komponen lain di dalam mobil. 

    Cara Menggunakan