Berita

    Tidak Sulit, Ini Cara mengemudi Mobil Bertransmisi Manual yang Tepat

    Di Indonesia, transmisi manual masih menjadi pilihan utama masyarakat. Tingginya jumlah populasi kendaraan manual di Indonesia tidak lepas dari anggapan masyarakat bahwa mobil bertransmisi otomatis tidak kuat menanjak.

    Konsumsi bahan bakar juga menjadi salah satu alasan mengapa masyarakat lebih menyukai mobil bertransmisi manual. Mobil dengan transmisi otomatis dikenal lebih boros dalam konsumsi bahan bakar.

    Lantas sebenarnya bagaimanakah cara berkendara mobil manual yang lebih baik? Berikut adalah beberapa langkah yang harus dilakukan saat berkendara dengan mobil manual

    Mengenal Komponen Wajib Dalam Mobil Manual

    Mengenali komponen kendaraan adalah kewajiban semua pengemudi, apapun kendaraannya. Dan di mobil bertransmisi ada komponen kendaraan yang harus dikuasai oleh pengendara. Berikut adalah komponen-komponen tersebut.

    • Kemudi. Fungsinya adalah untuk mengendalikan arah kendaraan
    • Pedal gas. Fungsinya adalah membuat mobil bergerak maju atau mundur
    • Pedal rem. Fungsinya adalah mengurangi kecepatan kendaraan.
    • Pedal kopling. Pedal ini digunakan bila pengemudi hendak memindahkan persneling saat berkendara atau menjaga agar mesin mobil tidak mati.
    • Rem Tangan. Tuas rem tangan digunakan untuk parkir atau berhenti dalam waktu yang lama.
    • Tuas persneling. Tuas ini digunakan untuk menentukan gigi kecepatan kendaraan.
    • Tuas lampu sein. Digunakan untuk memberikan informasi kepada pengemudi lain bahwa mobil hendak berbelok
    • Tuas wiper. Posisinya Harus dikenali agar tidak tertukar saat mengusap air di kaca.

    Atur Posisi Tempat Duduk yang Nyaman

    Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mencari posisi mengemudi paling ideal dan nyaman. Pastikan bahwa kaki semuanya dapat menginjak semua pedal dengan baik. Berikan perhatian khusus untuk pedal kopling yang merupakan jiwa dari mobil tersebut.

    Tak hanya itu, pastikan jarak pandang berada dalam kondisi maksimal. Mulai dari posisi spion kanan kiri dan sipon tengah. Dengan blind spot yang kecil maka resiko terjadi kecelakaan akan lebih kecil dan berkendara menjadi lebih aman.

    Cara Mengendarai Mobil Manual

    Pada mobil manual, sedikit kesalahan saja bisa berakibat mesin mobil mati. Untuk itu, pengoperasian dari mobil manual harus benar-benar tepat agar terhindar dari permasalahan tersebut.

    Saat berkendara dengan mobil manual, pastikan memegang kemudi dengan kedua tangan. Pastikan juga kedua tangan bisa memutar lingkar kemudi dengan mudah.