Berita

    Tips Melindungi Bumper Mobil dari Kerusakan

    Bumper menjadi salah satu aksesoris yang memiliki peran ganda bagi kendaraan. Sayang, keberadaannya sering diabaikan oleh pemilik mobil. Padahal, sangat penting untuk mengetahui informasi seputar tips melindungi bumper mobil. 

    Pasalnya, alat yang satu ini tidak hanya berguna untuk melindungi dari benturan ringan, tetap juga mampu menambah nilai estetika pada kendaraan Anda. 

    Apabila jarang dirawat, bumper akan terlihat kusam dan bahkan kualitasnya akan semakin menurun. Lantas, apa saja cara terbaik agar bumper tetap awet dan terlihat menawan? Berikut informasinya!

    Tips Melindungi Bumper Mobil agar Tetap Mulus

    Melakukan perawatan terhadap kendaraan merupakan hal yang wajib. Namun, jangan hanya fokus pada performa mesin saja, bumper pun butuh perhatian khusus dari Anda selaku pemilik kendaraan. 

    Untuk menjaga fungsionalitas dan keindahannya, berikut tips merawat bumper mobil yang harus diperhatikan: 

    • Pemeriksaan Berkala

    Tips pertama dalam merawat dan melindungi bumper adalah dengan melakukan pemeriksaan secara berkala. Ini diperlukan untuk memastikan bumper dalam kondisi baik, tidak rusak atau retak sehingga butuh perbaikan. 

    Perhatikan kondisi mur, baut, dan sekrup di setiap sudut bumper, kencangkan bila terlihat kendur. 

    Sebab, gerakan mobil yang sering digunakan, apalagi jika melewati jalan yang tidak rata (rusak/bergelombang) akan membuat sekrup dan baut menjadi kendur akibat getaran dan goncangan yang terjadi. 

    • Modifikasi Sesuai Spesifikasi

    Menambahkan aksesoris bumper memang menambah estetika kendaraan. Hanya saja, sebaiknya jauhkan keinginan untuk modifikasi yang terlalu ekstrim. 

    Biasanya ini terjadi pada pemilik kendaraan yang ingin memberikan kesan atau tampilan yang terlihat sporty, unik, dan memukau. 

    Namun perlu diingat, modifikasi bumper yang terlalu ekstrim justru akan mengurangi nilai estetika sekaligus fungsionalitasnya. Memang, tidak ada larangan untuk modifikasi bumper, namun sebaiknya pilihnya yang sesuai dengan spesifikasinya. 

    Disarankan untuk tidak memangkas tinggi bumper karena bisa memperpendek masa usianya. 

    Lebih baik konsultasi terlebih dahulu dengan teknisi yang berpengalaman untuk mengetahui modifikasi seperti apa yang sesuai dengan kondisi mobil Anda.

    • Memilih Jalan yang Aman

    Tips melindungi bumper mobil berikutnya adalah memilih jalur perjalanan yang aman. Sebab, mobil yang sering terguncang karena melewati medan jalan yang buruk hanya akan semakin memperpendek usia bumper mobil. 

    Untuk itu, bila memungkinkan sebaiknya hindari semua jalanan yang berbatu, berlubang, bergelombang, atau yang penuh dengan rintangan. Bila tidak ada jalan alternatif, turunkan laju kecepatan kendaraan dan berhati-hatilah. 

    Setidaknya dengan cara ini Anda bisa mengurangi potensi bumper tergores atau bertabrakan dengan kendaraan atau benda lain saat melalui medan yang buruk tersebut. 

    • Poles Bumper Mobil

    Perawatan memoles mobil tidak hanya berlaku untuk bodi kendaraan saja, bumper pun perlu dipoles agar tampilannya tetap mulus dan tidak kusam. 

     

    Poles Bumper Mobil

    Pexels.com

    Sebab, bumper juga sama dengan bodi mobil yang sering terkena debu, pasir, kotoran, dan berbagai noda dari jalan. Anda bisa poles mobil dengan menggunakan pemoles khusus bumper yang tersedia di pasaran. 

    Namun pastikan bahwa produk pemoles tersebut sesuai dengan jenis bahan atau materi dari bumper mobil Anda serta ikuti petunjuk dari produsen cara pengaplikasiannya dengan cermat. 

    • Pemilihan Tempat Parkir

    Jangan sembarangan memarkir kendaraan jika tidak ingin bumper cepat kusam dan rusak. Jika memungkinkan, parkirlah di tempat yang teduh dan hindari benturan atau tekanan yang berpotensi merusak bumper

    Sebab, terlalu lama membiarkan mobil berada di luar ruangan akan membuat bumper terpapar panas dan hujan sehingga warnanya akan cepat pudar serta mudah terkelupas. 

    Penting bagi pemilik mobil untuk selalu merawat bumper karena hal tersebut bisa menambah nilai estetika pada kendaraan. Hal tersebut bisa diwujudkan dengan menerapkan berbagai tips melindungi bumper mobil agar tetap terlihat mulus dan awet.