Berita

    Ketahui PCD Velg Mobil dan Cara Melihatnya

    Meskipun mendapatkan mobil mewah dengan fitur canggih, seseorang bisa saja merasa tidak puas dengan desain mobil bawaan pabrik. Hal itu menyebabkan banyak orang memodifikasi mobil akan terlihat personal dan keren. Salah satunya mengotak-atik pcd velg mobil.

    PCD adalah Pitch Circle Diameter, menunjukkan diameter jarak roda dengan baut pada velg. Setiap mobil mempunyai ukuran PCD yang berbeda satu sama lain.

    PCD Velg Mobil 

    Para pegiat otomotif pasti familier dengan istilah PCD atau yang juga sering disebut bolt circle. Istilah ini berkaitan dengan velg mobil. Secara singkat, PCD adalah ukuran diameter lubang baut yang ada pada velg. Posisinya saling berseberangan.

    Arti lainnya yaitu velg mobil adalah diameter lingkaran lewati titik bagian tengah setiap baut ban. Setiap jenis mobil mempunyai ukuran PCD velg ban sendiri-sendiri. Jadi, Anda sebagai pemilik mobil harus tahu ukuran velg yang digunakan oleh mobil Anda.

    Mengukur ukuran velg mobil ada acuannya. PCD inilah yang digunakan untuk mencari tahu ukuran velg-nya. Pengukuran velg ini amat penting untuk menunjang performa mesin mobil itu sendiri.

    Cara untuk Melihat PCD Velg Mobil

    Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melihat ukuran PCD mobil anda, salah satunya adalah:

    • Melihat Angka yang Tertulis pada Velg

    Pada umumnya, velg mobil mempunyai angka yang tertulis di permukaannya. Ukuran umumnya adalah 4×114,3, 5x100, dan 5x105. Anda bisa melihatnya dengan mata telanjang angka sebelum (x) dimana itu menunjukkan jumlah baut yang ada pada velg mobil.

    Sementara itu, angka yang muncul setelah (x) adalah diameter antar batu. Jadi, apabila tertulis 4x114,3 itu berarti jumlah velg mobil ada 4 baut, dan ukuran setiap antar bautnya adalah 114,3 mm.

    • Melihat Keterangan pada Buku Panduan

    Setiap mobil dilengkapi dengan buku panduan yang berisi keterangan berbagai hal tentang mobil. Pada buku panduan tersebut, terdapat ukuran velg mobil. Jadi, Anda tidak perlu kesulitan menemukan ukuran velg yang digunakan pada mobil Anda.

    • Mengukur Sendiri

    Melihat ukuran velg mobil bisa dilakukan dengan mengukur sendiri, terlebih apabila Anda tidak menemukan keterangan yang tepat di buku panduan mobil.

    Mengukurnya bisa menggunakan meteran atau penggaris atau bisa pula menggunakan kalkulator. Namun, Anda harus mengetahui teknik perhitungannya terlebih dahulu.

    Cara Menghitung PCD Velg Mobil