Berita

    Ketahui 6 Tips Mengemudi Mobil di Jalan Berlubang

    Seringkali dijumpai jalan yang berlubang atau rusak di sejumlah wilayah. Penyebabnya selain cuaca yang tak menentu, juga padatnya kendaraan hingga melebihi kekuatan jalan. Untuk itu, penting mengetahui cara mengemudi mobil di jalan berlubang. 

    Sebab apabila tidak hati-hati, bisa menyebabkan kecelakaan. Hal lain yang tak disadari adalah kerusakan pada beberapa komponen mobil.

    Tips Mengemudi Mobil di Jalan Berlubang

    Untuk mengemudi di jalan yang berlubang, beberapa tips yang dapat dilakukan adalah:

            1. Menyesuaikan kecepatan sesuai dengan kondisi jalan

    Dalam berkendara tentunya sering menemui kondisi jalan yang rusak seperti berlubang. Oleh karena itu, sebaiknya bagi pengendara segera menyesuaikan kecepatan agar menghindari adanya benturan antara ban, bumper atau velg dengan bebatuan atau aspal jalan. Selain itu, mengurangi laju kendaraan juga bisa meminimalisir guncangan. Sehingga komponen mobil dan penumpang mobil lebih aman.

            2. Hindari Gesekan Lubang Dengan Dinding Ban

    Apabila Anda sedang mengemudi dan terpaksa melewati lubang yang dalam, maka pastikan ban masuk secara merata. Sebab apabila terlalu ke pinggir, akan ada gesekan antara dinding ban dengan lubang.  Ban yang sudah tergesek, rawan rusak. Kecuali jika kualitas ban benar-benar bagus, dan lubang tak terlalu tajam.

            3. Jaga Jarak

    Selalu jaga jarak mobil Anda dengan kendaraan lain. Sebab, meski Anda sudah berhati-hati dengan melaju secara perlahan, pengendara lain tak mesti sama. Apabila jarak terlalu dekat, saat terjadi pengereman salah satu kendaraan, bukan tak mungkin akan terjadi benturan. Kalau respon Anda cepat, mungkin bisa terhindarkan. Tapi jika tidak, bisa berakibat fatal.

            4. Melewati Jalan Berlubang Dengan Cara Yang Halus

    Pada saat menemukan jalan yang berlubang, pastikan anda melewatinya dengan cara yang halus atau menurunkan kecepatan berkendara. Dengan melakukan hal tersebut maka akan meminimalisirkan benturan yang terjadi antara ban dengan aspal yang berlubang sehingga membuat anda akan semakin nyaman dalam berkendara.

            5. Selalu Memeriksa Kondisi Ban

    Pastikan untuk selalu memeriksa ban Anda untuk memastikan bahwa tekanan ban sesuai dengan yang dianjurkan oleh pabrik. Ban yang terlalu lembek atau terlalu keras dapat meningkatkan risiko kerusakan pada mobil Anda saat mengemudi di atas jalan yang berlubang.