Berita

    Cari Tahu Penyebab Starter Mobil Tidak Nyala dan Solusinya

    Permasalahan starter mobil tidak nyala sering terjadi pada beberapa kendaraan tanpa melihat mobil lama ataupun mobil baru. Seseorang yang menghadapi situasi ini kebanyakan akan panik. Apalagi jika dalam waktu dekat Anda harus menggunakan mobil tersebut.

    Jika hal ini terjadi pada Anda, segera cari tahu penyebab yang mengakibatkan mobil tidak mau menyala. Lalu, apa saja penyebabnya? Simak penjelasan berikut ini ya!

    Penyebab Starter Mobil Tidak Nyala

    Sebelum Anda menghubungi jasa perbaikan mobil pada sebuah bengkel, cobalah untuk mencari tahu terlebih dahulu secara mandiri. Namun, jika dirasa masih belum menemukan akar permasalahannya, penjelasan di bawah ini mungkin menjadi salah satu penyebabnya.

            1. Kerusakan pada Dinamo Ampere / Starter

    Dinamo starter jarang sekali mengalami kerusakan pada mobil. Namun, jika hal ini terjadi maka penyebabnya adalah usia pakai yang sudah cukup lama sehingga menurunkan performa mesin.

    Istilah lain untuk komponen ini adalah alternator yang berfungsi sebagai penyalur listrik ke aki mobil. Dinamo starter yang rusak menjadi penyebab mesin tidak bisa hidup.

            2. Aliran Bahan Bakar Terhambat

    Bahan bakar menjadi salah satu hal yang membuat mesin dapat menyala. Hal ini dapat terjadi karena aliran bahan bakar dalam mesin berjalan dengan baik. 

    Jika mengalami hambatan, maka dapat dipastikan mesin tidak dapat menyala karena tidak mendapatkan aliran bahan bakar.

            3. Busi Mobil Kotor

    Busi juga tak kalah pentingnya yang membuat mesin mobil dapat menyala. Namun, busi yang kotor menjadi salah satu penyebab mobil sulit dinyalakan. Hal ini disebabkan oleh kotoran yang menumpuk sehingga proses percikan api pada mesin terhambat. 

    Busi yang kotor juga membuat mesin sulit dinyalakan saat masih dalam kondisi panas. Sehingga Anda harus menunggunya sejenak sampai cukup dingin.

            4. Panas Berlebih pada Koil

    Koil menjadi komponen yang perannya sangat penting dalam proses menyalakan mesin mobil. Fungsinya adalah untuk mengalirkan listrik dalam tegangan listrik yang besar ke bagian aki mobil.

    Proses ini dapat menimbulkan percikan bunga api. Jika hal ini terjadi dalam suhu panas normal, maka mesin mobil dapat menyala dengan baik. Sedangkan suhu koil yang terlalu panas menyebabkan mobil sulit dinyalakan.

    Cara Mengatasi Mobil Tidak Menyala