Berita

    Kenali Istilah Overhaul Mesin dan Bedanya dengan Tune Up

    Sebagai pemilik kendaraan, istilah seperti overhaul mesin hingga tune up pasti akrab di telinga. Istilah ini penting diketahui oleh pemilik kendaraan, khususnya mobil. Supaya mengetahui indikasi adanya kerusakan mobil dan tahu waktu yang tepat untuk memperbaikinya.

    Namun, bagi Anda yang belum tahu, artikel ini bisa membantu Anda. Penjelasan mengenai overhaul pada mesin, mulai dari pengertian hingga ciri-cirinya ada di sini. Di bagian akhir juga akan dijelaskan mengenai perbedaannya dengan tune up.

    Arti Overhaul Mesin

    Secara bahasa, overhaul adalah pemeriksaan. Sehingga pengertian overhaul mesin secara umum adalah pemeriksaan terhadap mesin.

    Lebih jelas lagi, overhaul mesin adalah pemeriksaan terhadap mobil yang mengalami kerusakan dengan cara membongkar mesin dan memperbaikinya. Cara ini juga dikenal dengan istilah “turun mesin”.

    Biaya yang dikeluarkan untuk turun mesin itu tidak murah. Namun, harga yang dikeluarkan jelas sesuai dengan pembongkarannya.

    Sebab, overhaul pada mesin ini dibagi menjadi dua. Ada yang total atau major, ada pula yang semi atau minor, tergantung kondisi mobil.

    Overhaul major berarti membongkar keseluruhan mesin mobil. Mekanik akan melakukan pemeriksaan seluruh komponen dalam kendaraan Anda.

    Sementara jika minor atau semi, hanya beberapa mesin saja yang diperiksa, seperti bagian kepala silinder. Biasanya tanpa mengutak-atik blok silinder dalam mobil.

    Tujuan Overhaul pada Mesin

    Pemilik kendaraan wajib menyadari kala mobil butuh overhaul. Sebab tujuan turun mesin ini untuk mengembalikan performa mobil seperti sedia kala. Tujuan lain yang bisa didapatkan yakni:

    • Membersihkan sisa karbon atau kerak dalam ruang bakar mesin
    • Mengatur kembali dudukan katup  
    • Memeriksa keseluruhan komponen dalam mobil, untuk diperbaiki.

    Ciri Mobil yang Butuh Overhaul  

    Ada beberapa ciri yang menandakan mobil perlu overhaul. Ciri ini jelas membuat performa mobil menurun apabila dikendarai.  

    Apa saja ya cirinya?

            1. Asap Knalpot Berwarna Putih

    Ciri umum dan mudah diketahui adalah asap knalpot mobil yang berwarna putih. Sebab pada umumnya asap mobil ini tidak berwarna.  

    Keluarnya asap putih ini disertai dengan bau seperti barang terbakar. Kalau sudah begini, berarti ada sesuatu yang harus diperbaiki pada mesin mobil.