Berita

    Inilah Perbedaan Mobil SUV dengan Mobil MPV

    Meski memiliki ukuran yang sama sama besar, mobil SUV (Sport Utility Vehicle)  dan mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) adalah dua jenis mobil yang berbeda. Tidak hanya dari segi fitur serta spesifikasi, kapasitas mesinnya pun juga berbeda. Untuk Anda yang ingin membeli mobil keluarga yang berukuran besar, yuk, ketahui perbedaan mobil jenis SUV dan MPV berikut ini. 

            1. Kapasitas Penumpang 

    Perbedaan yang pertama terletak pada kapasitas penumpang. SUV merupakan mobil yang memiliki konsep perpaduan antara jip, sedan, dan pick up, sehingga dalam pembuatan tempat duduk hampir sama dengan sedan, yaitu terdiri dari dua baris penumpang yang dapat memuat 4 orang.

    Namun, sekarang terdapat pula SUV yang dapat memuat hingga 7 penumpang. 

    Sedangkan MPV merupakan mobil yang memang didesain sebagai mobil keluarga sehingga memiliki kabin yang lebih luas dan dapat menampung 8 hingga 9 penumpang. 

            2. Jenis Mesin

    Berbeda dengan MPV yang didesain sebagai kendaraan keluarga, SUV justru didesain sebagai kendaraan yang dapat melewati berbagai medan baik jalanan perkotaan maupun off road yang sulit dilalui. Oleh karena itu, kapasitas mesin yang digunakan pun juga besar dengan penggerak roda berjumlah 4. 

    Untuk kapasitas mesin SUV jenis Compact, yaitu berkisar 1500 cc, Medium berkapasitas 2000 sampai 2500 cc, Luxury berkapasitas 3000 cc. Selain ketiga jenis tersebut, terdapat pula jenis SUV yang memiliki kapasitas mesin lebih besar, yaitu jenis Full Size yang memakai mesin V8. 

    Sedangkan MPV memakai penggerak roda berjumlah dua dan memiliki mesin dengan kapasitas antara 1000 sampai 1500 cc. 

            3. Desain Body Mobil

    Perbedaan berikutnya terletak pada bagian body mobil terutama pada ground clearance. Ground clearance merupakan jarak antara permukaan tanah dengan roda mobil atau bisa disebut dengan kolong mobil. Bagian ini termasuk salah satu hal yang perlu Anda perhatikan ketika memilih mobil. 

    SUV mempunyai kolong yang lebih tinggi sebab mobil ini memiliki ban besar yang dapat melewati berbagai medan bahkan jalanan berlumpur atau licin sekalipun. SUV sendiri mempunyai ground clearance sekitar 200 mm dengan ukuran velg 15 inci. 

    Sedangkan MPV (Multi Purpose Vehicle) memiliki kolong yang lebih rendah, yaitu sekitar 189 mm sebab mobil ini tidak memiliki ban besar sehingga lebih cocok dipakai untuk berkendara di jalanan halus atau perkotaan.