Berita

    Tips Jitu Menghadapi Ban Mobil Pecah Saat Berkendara

    Banyak sekali penyebab tingginya kecelakaan lalu lintas. Selain faktor internal seperti cara berkendara yang ugal-ugalan, melanggar rambu lalu lintas ada juga faktor-faktor eksternal seperti kondisi lingkungan dan kondisi kendaraan itu sendiri.

    Kejadian pecah ban saat berkendara dengan kecepatan tinggi merupakan kondisi yang cukup membahayakan loh. Pecah ban menjadi salah satu penyebab utama kecelakaan di jalan raya.

    Tentunya kita semua tidak menginginkan kejadian seperti ini menimpa kita kan. Sebagai informasi tambahan, pecah ban merupakan salah satu sumber kecelakaan di jalan jika pengemudi tidak tahu bagaimana bereaksi sesaat ban mobil pecah.

    Jika kamu salah merespons, mobil kamu akan langsung hilang kendali dan berujung pada kecelakaan fatal.

    Walaupun pecah ban merupakan kejadian yang berbahaya, tapi kejadian itu masih bisa kamu kendalikan kok ! Simak tips-tips berikut ini agar kamu terhindar dari kecelakaan fatal ketika ban pecah di jalan.

            1. Bersikap tenang

    Kejadian ban pecah memang sulit ditebak. Bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Kejadiannya pun berlangsung cepat dengan guncangan yang hebat. Bila mengalami ban pecah pada kecepatan tinggi, langkah pertama yang wajib dilakukan adalah jangan panik.

    Karena jika kamu panik akan melakukan hal-hal yang seharusnya tidak boleh dilakukan. Segera hidupkan lampu hazard pandangan tetap fokuskan ke depan dan kendalikan mobil dengan mengurangi kecepatannya secara perlahan.

            2. Lakukan counter steering

    Sebenarnya tips ini bisa dikatakan susah susah gampang, jika ban mobil kamu pecah. Ketahui terlebih dahulu ban bagian mana yang pecah.

    Jika ban pecah di bagian depan sebelah kiri, lepas gas dengan jangan melakukan pengereman, arahkan setir ke kanan karena bagian ban kiri yang pecah.

    Jika ban kanan yang pecah, setir akan terasa berat ke kanan maka arahkan setir ke kiri. Ingat jangan melakukan tindakan seperti pengereman mendadak ketika melakukan counter steering.

            3. Jaga kecepatan dan rem secara perlahan

    Hal lain yang dapat dilakukan saat ban depan pecah pada kecepatan tinggi adalah berusaha mempertahankan laju kendaraan dan mengurangi kecepatan kendaraan dengan melepaskan kaki dari pedal gas secara perlahan.

    Jangan langsung melepaskan injakan pedal gas secara tiba-tiba. Setelah kecepatan mobil mulai berkurang, lakukan engine brake untuk membantu menahan laju kendaraan.