Berita

    Featured Image

    Lebih Dekat dengan Grand Vitara dan Sejarahnya

    Seri mobil Grand Vitara bukanlah jenis mobil yang asin di jagad otomotif di Indonesia. Eksistensinya telah menyentuh angka 35 tahun dengan berbagai evolusi dinamis. Perubahan terjadi pada aspek teknologi hingga desain interior maupun eksteriornya.

    Ini membuat sejarah Grand Vitara dari generasi ke generasi menarik untuk diulik lebih lanjut. Adapun jika Anda tertarik untuk mengetahuinya, lebih baik ikuti pembahasan berikut!

    Sejarah Seri Mobil Grand Vitara

    Grand Vitara adalah seri yang dirancang dengan ukuran compact. Mobil bergaya urban ini bisa Anda bawa ke mana saja karena lincah. Generasi pertama hingga generasi terkini mobil ini mengalami perubahan total. Ikuti informasi selengkapnya di bawah ini:

    • Grand Vitara Generasi 1

    Tahun 1988 dahulu, Suzuki ingin menghadirkan versi lain dari seri Jimny. Ini melihat kesuksesan seri tersebut ketika dikenalkan ke publik. Rancangan mobil akan memiliki fitur unggulan seperti Jimny, namun tetap nyaman digunakan jadi mobil harian.

    Nama Vitara sendiri terinspirasi dari vital dan vitality. Lalu, hadirlah VItara generasi pertama dengan model 3 pintu. Ini sama seperti seri Jimny ataupun SUV dimensi 4x4 konvensional.

    Kemudian, model lain pun ditawarkan pada 1991 dengan pintu mobil yang lebih banyak. Model tersebut sudah sering ditemukan sebelumnya pada tahun 1990. Pada saat yang sama, warna dual-tone juga muncul mengikuti tren saat itu.

    Vitara pun sukses dijual di pasar wilayah Amerika Utara dengan nama Sidekick dan Escudo. Penjualannya di seluruh dunia mencapai 1,1 juta unit sejak debut perdananya selama 10 tahun.

    • Grand Vitara Generasi 2

    Seri mobil Grand Vitara generasi kedua kemudian hadir pada tahun 1998. Eksterior mobil ini berubah total pada saat itu. Semuanya serba bulat karena menyesuaikan tren pada zamannya. 

    Fitur penggerak mobil tetap sama, yakni 4x4 atau empat roda. Pada sisi lain, Vitara disematkan mesin tipe diesel dengan kubikasi 2.000 cc untuk kali pertama. Model dengan bahan bakar solar ini pun langsung diminati oleh pasar Eropa. 

    Kemudian, Suzuki melahirkan versi lebih besar dengan kapasitas 7 kursi pada tahun 2001. Sebutannya adalah XL7 dan termasuk tipe medium SUV. Mesin mobil ini juga lebih bertenaga karena dilengkapi 3.000 cc V6.

    • Grand Vitara Generasi 3

    Tahun 2005, model terbaru dari Vitara kembali muncul. Konsep desainnya memainkan garis yang tajam dan juga kaku. Konsepnya terinspirasi dari atlet off-road. 

    Generasi ini termasuk yang populer di antara pencinta Vitara. Sebab, terdapat sematan ban cadangan pada pintu belakang mobil.

    • Grand Vitara Generasi 4

    Peluncuran seri mobil Grand Vitara generasi keempat membawa konsep yang sangat berbeda. Peluncuran ini sekaligus merayakan ulang tahun perusahaan di angka 24 tahun.

    Untuk desain, generasi ini mengikuti model SUV pada zamannya. Target pasar yang disasar adalah individu dengan keseharian dinamis dan butuh petualangan.

    Fitur baru berupa AllGrip 4x4 juga terdapat pada generasi ini. Sebanyak 900 ribu unit Vitara generasi 4 terjual karena diminati pada pasar Eropa.

    • Grand Vitara Generasi 5

    Generasi terbaru dari Grand Vitara kini lebih ramah lingkungan. Terdapat teknologi SHVS atau Smart Hybrid Vehicle by Suzuki serta teknologi strong hybrid. 

    Grand Vitara Generasi 5

    Fitur AllGrip 4x4 pun tetap disematkan pada generasi ini sehingga nyaman Anda bawa ke mana saja. Desain Vitara generasi 5 ini pun semakin mewah dan modern. Tidak heran bila penjualannya telah melebihi 3,9 juta unit di seluruh dunia.

    Begitulah sejarah singkat seri mobil Grand Vitara dari generasi ke generasi. Adaptasi dengan zaman membuat Grand Vitara dapat bertahan hingga kini. Terutama dari fitur teknologinya yang semakin canggih.