Berita

    Ketahui Tips Mudik Lebaran Hemat dengan Kendaraan Pribadi

    Salah satu tradisi lebaran di Indonesia adalah mudik. Mudik menggunakan kendaraan pribadi menjadi salah satu hal umum yang dilakukan oleh suatu keluarga karena dianggap lebih hemat.

    Tidak dapat dipungkiri bahwa perjalanan darat yang panjang memegang tempat khusus di hati kolektif keluarga. Oleh karena perjalanan itu menyenangkan, dapat dibuat lebih menyenangkan jika budget yang dikeluarkan hemat dan sesuai anggaran.

    Tips Mudik Menggunakan Kendaraan Pribadi

    Berikut akan dibahas beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar mudik atau  perjalanan darat murah dan sesuai dengan anggaran perjalanan Anda sendiri!

    • Buat Anggaran Perjalanan

    Langkah pertama untuk menghemat uang dalam perjalanan darat adalah membuat anggaran karena anggaran  akan membantu Anda tetap mencerminkan pengeluaran Anda saat bepergian. Anggaran perjalanan yang baik harus mencakup kategori berikut:

    • Bahan Bakar
    • Makanan
    • Akomodasi
    • Hiburan
    • Biaya tambahan misalnya biaya feri atau biaya tol

     

    • Rencanakan untuk Melacak Pengeluaran saat Anda Bepergian

    Melacak biaya perjalanan Anda membantu menjaga pikiran Anda pada apa yang Anda belanjakan dan juga memungkinkan Anda untuk mengevaluasi perjalanan yang telah Anda lakukan. Simpan seluruh tanda terima yang ada agar rekapitulasi jauh lebih mudah.

    • Jangan Bepergian pada Puncak Arus Mudik

    Pada hari libur telah tiba umumnya biaya bahan bakar akan lebih tinggi karena lalu lintas yang sudah ramai. Selain itu, biaya lainnya mungkin juga lebih tinggi. 

    Contoh-contoh biaya selain bahan bakar yaitu biaya penginapan lebih tinggi dan umumnya kondisi mengemudi yang lebih sibuk, terutama di wilayah metropolitan.

    Hindari juga akhir pekan. Walaupun tidak seramai hari libur, akhir pekan juga rata-rata membuat harga bahan bakar sedikit lebih tinggi, harga penginapan naik, dan peningkatan kemacetan lalu lintas. 

    Jika memungkinkan, lakukan mudik menggunakan kendaraan pribadi saat belum mulai hari libur yang ditetapkan pemerintah.

    • Berkendara dengan Kecepatan Rendah

    Jika Anda tidak terburu-buru, mengemudi dengan kecepatan rendah adalah cara mudah untuk menjaga perjalanan Anda semurah mungkin selama mudik menggunakan kendaraan pribadi.

    Sebagian besar kendaraan mendapatkan penghematan bahan bakar jika berjalan dengan kecepatan rendah. Selain itu, kurangi titik pemberhentian.