Berita

    Ketahui Cara Menghemat BBM Pada Mobil

    Salah satu cara untuk menyisihkan uang adalah dengan menghemat BBM. Ini merupakan hal yang gampang-gampang susah untuk dilakukan. Apalagi jika Anda merupakan seorang pengguna mobil. 

    Namun, Anda tidak perlu khawatir karena terdapat sejumlah langkah penghematan BBM yang dapat Anda ketahui lewat artikel ini. Maka dari itu, sebaiknya jangan lewatkan pembahasan berikut.

    11 Langkah Menghemat BBM

    Di bawah ini merupakan cara-cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk menghemat bahan bakar mobil. 

    • Menggunakan BBM Berkualitas dan Sesuai Spesifikasi Mobil

    Kinerja mesin mobil bergantung pada kesesuaian bahan bakar dan kualitasnya. Jika mobil tidak mendapatkannya, maka akan timbul knocking pada mesin mobil ataupun gejala gelitik. 

    Untuk menghindari hal tersebut, maka gunakan jenis BBM berkualitas dan kompatibel dengan mobil yang Anda gunakan. Dengan begitu, mobil dapat bekerja optimal dan konsumsi BBM pun menjadi irit.

    • Sesuaikan Tekanan Ban

    Demi menghemat BBM, isilah angin ban dengan tekanan menyesuaikan rekomendasi pabrikan. Dengan ketepatan pengisian tekanan ban, maka mobil dapat menempuh jarak lebih jauh dan tentunya dengan takaran bahan bakar yang irit.

    • Tidak Terlalu Lama Memanaskan Mesin

    Memanaskan mesin mobil dengan durasi yang lama akan membuat bahan bakar terkuras. Maka dari itu, cukup panaskan sekitar 30 sampai 60 detik saja sebelum mobil digunakan agar BBM bisa lebih hemat.

    • Menghindari Lalu Lintas Padat

    Hindarilah jalanan penuh sesak kendaraan dan kemacetan. Apalagi yang mengharuskan Anda untuk berhenti dengan mesin menyala. Dengan menghindarinya, maka BBM dapat lebih hemat dan mesin pun tidak cepat panas.

    • Tidak Mengangkut Beban Terlampau Berat

    Perlu Anda ketahui bahwa setiap penambahan beban dengan berat 50 kg dapat meningkatkan konsumsi BBM sebanyak 2%. Maka dari itu, bawalah beban sesuai standar saja, utamanya dalam perjalanan jarak dekat agar dapat menghemat BBM.

    • Konsisten dalam Kecepatan Berkendara

    Cegah pengereman dan akselerasi dadakan, sebab keduanya dapat menguras BBM mobil. Jika Anda ingin menambah kecepatan, maka lakukanlah secara bertahap. Dengan begitu, suplai BBM mobil Anda bisa lebih hemat dan bebas dari pemborosan.

    • Gunakan Gigi Secara Tepat