Berita

    Ini Dia Cara Parkir Paralel Kendaraan yang Benar

    Untuk yang baru belajar mengendarai mobil, parkir paralel merupakan teknik yang tergolong sulit. Bahkan untuk yang sudah berpengalaman sekalipun, terkadang memarkir mobil secara paralel menjadi tantangan yang berat.

    Di kota-kota besar, sistem parkir ini tergolong populer. Pasalnya, di kawasan perkotaan masih banyak pemilik mobil yang belum punya garasi sehingga memarkir kendaraannya di kawasan pemukiman. 

    Bahkan saat ini sistem parkir secara paralel ini menjadi ujian resmi saat ingin mendapatkan SIM.

    Cara Parkir Paralel yang Baik dan Benar

    Sebenarnya jika Anda tahu triknya, cara parkir paralel tidak sesulit yang dibayangkan. Terutama jika mobil Anda sudah menggunakan sensor maupun kamera parkir. Berikut sudah kami rangkum cara-caranya.

    1.  Menemukan Lokasi dan Mensejajarkan Mobil

    Temukan lokasi parkir Anda terlebih dahulu. Setelah itu luruskan dan sejajarkan mobil Anda dengan mobil yang sudah terparkir lebih dulu. Pastikan posisi mobil Anda sejajar dengan mobil lain dengan jarak setengah meter saja.

    Pindahkan perseneling mobil Anda agar masuk ke posisi mundur. Setelah itu, silahkan putar kemudi ke arah kanan sampai habis.

    2.  Memundurkan Mobil Secara Perlahan

    Sesudah parkir paralel selesai, silahkan Anda mundurkan secara perlahan saja. Pastikan mobil Anda mundur dengan sudut 45 derajat.

    Untuk mengetahui  apakah mobil sudah mundur dengan sudut tersebut Anda bisa memperhatikan kaca spion kiri. Jika kaca spion tersebut sudah memperlihatkan bagian tengah belakang mobil, itu artinya kendaraan sudah membentuk sudut 45 derajat.

    3.  Jangan Lupa Untuk Selalu Cek Kaca Spion

    Sistem parkir yang satu ini tidak lepas dari peran kaca spion. Seperti yang kami singgung sebelumnya, salah satunya yaitu untuk membentuk sudut 45 derajat.

    Selain itu, fungsi lainnya yaitu untuk membantu meluruskan setir. Silahkan Anda posisikan roda mobil secara lurus dengan memutar setir kemudian mundurkan mobil secara perlahan.

    4.  Cek Posisi Mobil

    Pastikan Anda selalu memperhatikan atau mengecek bagian depan dan belakang mobil sesudah dimundurkan dengan sudut 45 derajat.

    Jangan lupa untuk memastikan bahwa posisi depan mobil sudah sejajar dengan bagian belakang mobil yang ada di depan.

    5.  Memutar Setir Mobil ke Arah Kiri

    Silahkan Anda cek bagian ujung mobil Anda, apakah sudah sejajar dengan bagian belakang mobil di depannya atau belum? Nah, jika sudah sejajar, silahkan putar setir mobil ke arah kiri hingga mentok.