Berita

    Hal-Hal yang Menyebabkan Roda Cepat Rusak

    Menjadi salah satu pengemudi mobil yang baik dan bertanggung jawab wajib untuk mengetahui kondisi roda mobil agar dapat bekerja optimal. Komponen roda ban mobil merupakan paling vital untuk menjaga kenyamanan dan keamanan Anda dalam berkendara.

    Namun terkadang pengemudi belum mengetahui faktor apa saja yang memengaruhi umur roda ban mobil yang siap untuk diganti. Hal tersebut menyebabkan kerusakan pada roda ban. Maka dari itu, ketahui faktor penyebab roda ban mobil cepat rusak dan tips mengatasinya di bawah ini!

    4 Faktor Penyebab Roda Mobil Cepat Rusak

    Performa roda pada mobil tidak hanya ditentukan oleh usia ban dan komponen bearing yang rusak saja. Ada berbagai faktor yang dapat memengaruhi kerusakan pada roda yang wajib Anda waspadai. Berikut ini 4 faktor penyebab yang membuat roda Anda cepat rusak, yaitu:

    • Tidak Rutin Melakukan Spooring dan Balancing

    Faktor pertama yang dapat membuat roda ban mobil Anda cepat rusak adalah tidak rutin melakukan spooring dan balancing. Padahal pengecekan tersebut berguna untuk menjaga performa roda dan bearing mobil Anda optimal.

    Rutin melakukan spooring dan balancing di bengkel resmi akan membantu mobil Anda tetap seimbang. Sekaligus akan mengecek kondisi ban dan roda pada mobil Anda apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak.

    • Sering Membiarkan Ban Kurang Tekanan Angin

    Jika Anda sering membiarkan ban mobil kurang tekanan angin, maka itu menjadi salah satu faktor roda mobil Anda akan cepat rusak. Selalu memperhatikan kondisi tekanan angin pada ban Anda dapat menjaga usia roda ban agar lebih panjang.

    Disarankan Anda selalu melakukan pengecekan tekanan angin ban sebelum melakukan perjalanan. Biasanya, Anda dapat menanyakan tekanan angin pada ban yang ideal pada produsen ban yang digunakan.

    • Selalu Membawa Beban Berlebih

    Membawa beban berlebih yang melewati kapasitas mobil Anda menjadi salah satu faktor penyebab roda kendaraan akan cepat rusak. Anda wajib mengetahui kapasitas mobil yang Anda kemudikan.

    Jangan terlalu sering membawa beban berlebih, karena selain dapat memengaruhi kondisi roda dan ban mobil. Hal tersebut juga berpengaruh pada performa mesin mobil Anda yang nantinya akan cepat rusak juga.

    • Cara Pengereman yang Salah

    Faktor terakhir adalah Anda melakukan pengereman yang salah. Jika Anda terus menerus melakukan pengereman mendadak maka akan berpengaruh pada performa ban dan roda kendaraan Anda.

    Mengemudi dengan kecepatan normal dan tidak melakukan pengereman mendadak agar usia roda dan ban mobil lebih panjang. Hal tersebut juga dapat menjaga Anda dari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan saat berkendara.

    Tips Ampuh Mengatasi Roda pada Mobil agar Optimal