Berita

    Kaca Mobil Retak? Ini Cara Mengatasinya dengan Tepat!

    Anda pasti akan merasa kaget dan panik saat melihat kaca mobil retak. Kondisi ini dapat terjadi kapan saja dan mungkin Anda tidak menyadari apa penyebabnya. Tapi tenang, ada solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. 

    Saat ada keretakan pada kaca mobil, sudah pasti Anda ingin segera memperbaikinya bukan? Berikut akan dibahas apa saja cara yang tepat untuk memperbaiki keretakan tersebut!

    Kondisi Kaca Mobil Retak yang Bisa Diperbaiki

    Sebelum membahas tentang cara untuk memperbaiki atau mengatasi keretakan kaca mobil, terlebih dahulu pahami hal ini. Tidak semua kondisi retak pada kaca mobil dapat diperbaiki. 

    Hanya keretakan tertentu saja yang bisa diperbaiki. Misalnya jika posisi retak ada di bagian tengah kaca dan keretakkannya juga tidak terlalu panjang. Paling tidak retak tersebut tidak lebih dari 10 inci. 

    Selain itu posisi retak juga tidak terlalu tebal. Kondisi yang dapat diperbaiki adalah ketika keretakan pada kaca tidak tembus dari dalam. Jika keretakannya menembus ke kaca bagian dalam berarti sudah cukup tebal dan kaca perlu diganti. 

    Khusus untuk mobil keluaran tahun 2010 ke atas, biasanya sudah ada sensor di bagian kaca. Jika posisi retak sudah menembus atau mengenai bagian sensor, artinya Anda perlu melakukan penggantian. 

    Cara Mengatasinya

    Apabila kondisi retak pada kaca mobil Anda tidak terlalu panjang, tidak menembus bagian dalam, dan tidak mengenai sensor, maka masih ada harapan. Anda bisa memperbaikinya sendiri dengan langkah-langkah yang mudah. 

    Tidak perlu terlalu cemas jika melihat kaca mobil retak selama keretakannya tidak terlalu parah. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbaikinya:

    • Bersihkan Kaca

    Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membersihkan kaca. Lepaskan dulu kaca film yang menempel kemudian bersihkan secara hati-hati di bagian yang retak. Tujuannya agar debu dan kotoran bisa hilang. 

    Anda bisa menyiram bagian kaca dengan sedikit air. Setelah itu lap area retak tersebut dengan menggunakan kain bersih. Pastikan bagian yang retak benar-benar bersih dan kering agar lebih mudah diperbaiki. 

    • Lubangi Bagian Kaca

    Langkah selanjutnya adalah melubangi bagian kaca yang retak. Di sini Anda akan membutuhkan alat berupa bor untuk mempermudah proses pembuatan lubang. Pastikan untuk berhati-hati saat melubangi kaca mobil Anda. 

    Jangan melubangi kaca terlalu dalam. Secukupnya saja supaya nanti lebih mudah untuk masuk ke tahap berikutnya. Jika lubang terlalu dalam maka bisa memicu kerusakan yang jauh lebih parah. 

    • Masukkan Resin

    Setelah lubang terbentuk, Anda bisa langsung memasukkan resin atau lem kaca. Anda bisa mendapatkan produk ini di toko-toko dan biasanya sudah dilengkapi dengan alat untuk memasukan resinnya. 

    Tahap ini cukup sulit dan membutuhkan ketelitian yang tinggi. Anda harus sangat berhati-hati memasukkan resin di bagian yang retak. Pastikan juga pengaplikasian resin benar-benar rapi agar tidak meninggalkan bekas. 

    • Aplikasikan Kaca Film Baru

    Langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah memasang kaca film baru. Paling tidak pemasangan kaca film baru ini dapat dilakukan 2 jam setelah pengisian resin agar resin benar-benar menempel dengan sempurna. 

     

    kaca film

    freepik.com

    Sebelum memasang kaca film, pastikan untuk membersihkan bagian yang sudah dimasuki resin. Anda juga harus sangat berhati-hati saat memasang kaca film agar hasilnya rapi.