Berita

    Kunci Pas Ring: Fungsi & Cara Penggunaannya

    Kunci Pas Ring adalah salah satu jenis peralatan mobil yang sering dipakai para montir di bengkel. Kunci ini digunakan untuk melakukan bongkar pasang komponen mobil, seperti perbaikan atau sekedar mengecek.

    Kunci ini memiliki dua sisi yang memiliki bentuk berbeda. Sisi pertama atau biasa disebut dengan kunci pas membentuk hexagonal pada bagian ujungnya. Tujuannya untuk mempermudah penggunaan saat menjangkau bagian yang sempit dan tersembunyi.

    Sedangkan sisi kedua atau biasa disebut dengan kunci ring membentuk bulat yang mampu menutup seluruh baut luar dan mempermudah dalam membuka mur. Terdiri dari ukuran yang beragam, yaitu 6, 7, 8, 9, 10, dan seterusnya. Sisi ini juga dapat berputar membentuk sudut 15 derajat, 30 derajat, dan 45 derajat.

    Fungsi Kunci Pas Ring

    Kunci ini biasa digunakan oleh para montir pada saat ingin mengencangkan dan mengendorkan baut atau mur di komponen kendaraan. Berbagai ukuran baut dan mur hanya dapat diatur atau diubah posisi dengan menggunakan kunci pas berbentuk hexagonal. Maka dari itu, kunci ini sering dijumpai di dunia otomotif.

    Keunggulan Kunci Ring

    Tentunya, kunci ini memiliki beberapa keunggulan yang menjadi alasan para montir masih menggunakan kunci ini dalam pekerjaannya di bengkel. Berikut beberapa keunggulan dari kunci pas ring:

    • Mempermudah dalam proses bongkar-pasang beberapa jenis baut
    • Mempercepat proses perbaikan beberapa komponen mobil
    • Memiliki ukuran yang beragam sehingga dapat digunakan pada beberapa jenis baut

    Cara Penggunaan Kunci Pas Ring

    Untuk menjamin keawetan kunci ini, pastikan Anda menggunakannya dengan cara yang baik dan benar. Jika Anda belum tahu caranya, perhatikan penjelasan berikut ini.

            1. Arah Berputar

    Cara umum yang sudah diketahui banyak orang adalah kunci akan mengarah ke kanan atau mengikuti arah jarum jam jika digunakan untuk memasang kembali baut tersebut. Sebaliknya, jika ingin membuka baut, maka kunci harus berputar melawan arah jarum jam yaitu ke arah kiri.

    Namun, seringkali baut mengalami reverse thread. Sehingga pada kasus ini, perputaran kunci adalah kebalikan dari penjelasan diatas yaitu untuk memasang baut kunci berputar melawan arah jarum jam dan untuk membuka baut kunci berputar mengikuti arah jarum jam.

            2. Sesuaikan dengan Ukuran